myidaayu.com

Panduan Mendaftar Google News, Ikuti Langkahnya Ya!

4 komentar
Assalamu’alaikum…

Haloo Sobat Readers!

Membahas tentang Google Analytics sudah, menghubungkan blog dengan Google Search Console pun sudah, nah sekarang waktunya kita berkenalan dengan Google News!

Ada yang sudah tahu tentang Google News ini? Apa saja manfaatnya? Dan bagaimana cara mendaftarnya? Yuk, mari kita bahas dan ikuti panduan mendaftar Google News ini ya!

google news

Tentang Google News

Google News adalah suatu layanan dari Google yang fokus dalam memberikan konten berita dari berbagai website di seluruh penjuru dunia, termasuk di dalamnya Indonesia. Dan berita baiknya, Google News tidak hanya untuk media online yang sudah populer saja ya, blog biasa pun juga bisa daftar ke Google News kok. Artinya, konten yang ada di blog kita pun bisa menjadi berita utama jika memang menarik dan layak dipublikasikan menurut Google News.

Salah satu keunggulan Google News adalah kemudahan bagi pengguna untuk mendapatkan berita berdasarkan Topik, Lokasi, atau Sumber berita. Ini semua berkat adanya fitur personalized content yang artinya berita-berita yang muncul akan sesuai dengan kesukaan si pengunjung.

Nah, Google News bisa menjadi salah satu cara jitu yang dapat digunakan oleh para blogger untuk membuat artikelnya cepat terindeks oleh Google, selain menggunakan Google Search Console juga ya.


Manfaat Mendaftar Google News

Bagi seorang blogger, memanfaatkan Google News memberi dampak yang sangat positif bagi blognya. Sebuah keuntungan yang besar jika sebuah blog mampu mendapatkan tempat di google News. Melansir dari niagahoster.co.id, berikut adalah manfaat mendaftarkan blog di Google News :

1. Lebih mudah masuk ke halaman pertama mesin pencari

Siapa sih yang tidak ingin artikelnya bisa masuk di halaman pertama mesin pencari? Nah, selain mengoptimalkan kaidah SEO dalam tulisan, mendaftar di Google News bisa menjadi salah satu upaya yang bisa kita lakukan ya Sobat Readers.

Jika kita memiliki konten yang berkualitas maka Google News tidak akan segan memasukkannya dalam daftar berita utama. Nah, dengan memanfaatkan Google News semaksimal mungkin maka masuk dalam pageone mesin pencari bukanlah hanya mimpi semata.

2. Jumlah pengunjung bertambah

Semakin konten kita mudah ditemukan maka kemungkinan blog kita akan dikunjungi pun akan meningkat. Dan melalui Google News ini kemungkinan blog mendulang traffic semakin besar.

Oh iya kita juga bisa memaksimalkan content plan kita ya sobat readers supaya terjaga konsistensi menulis kita serta terencana topik tulisan yang berkualitas sehingga pengunjung akan senang ketika menemukan topik yang relevan dengan apa yang mereka butuhkan ada di blog kita.

3. Sebagai media branding yang baik

Konten yang berkualitas dan lengkap akan membuat pengunjung merasa senang karena bisa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Ini akan membuat mereka sering berkunjung ke blog kita. Nah, ini akan menjadi sarana branding yang bagus untuk kita dan blog kita.

4. Berpeluang mendapatkan banyak backlink

Konten berkualitas yang kita suguhkan memungkinkannya untuk direkomendasikan oleh Google News sebagai referensi yang ter-update. Ini bisa menjadi jalan bagi konten kita menjadi backlink yang terpercaya bagi blogger lain yang membutuhkan referensi pendukung.

Backlink adalah tautan di sebuah website yang mengarah ke website lain. Nah, kita semua sudah tahu bukan bahwa semakin banyak kita mendapatkan backlink maka akan semakin terpercaya blog kita.

5. Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk iklan

Google News ini bisa menjadi sarana bagi kita memperkenalkan blog kita alias iklan secara gratis ya Sobat Readers. Melalui Google News ini potensi mendatangkan organic traffic untuk blog kita semakin luas. Sobat Readers ingat bukan bahwa organic traffic adalah kunjungan yang berasal dari mesin pencari sehingga kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk ini. Siapa sih yang tidak mau blognya diperkenalkan ke kalangan luas tanpa di pungut biaya?

Panduan Mendaftar Google News

Bagaimana menurut Sobat Readers setelah membaca manfaat dari mendaftar Google News di atas, jadi merasa perlu apa perlu banget? Nah, sudah tidak sabarkan jadinya ingin segera tahu cara mendaftarnya, yuk langsung saja ikuti langkah-langkahnya!

1. Masuk ke Google News dan buat akun menggunakan email yang sama dengan digunakan untuk mendaftar Google Search Console.

2. Pilih add publication, lalu isi Publication Name dengan nama blog, Primary Website Property dengan url blog, Location pilih Indonesia, dan jangan lupa centang checkbox dibawah. Kemudian klik Add Publication.

3. Akan muncul halaman Publication seperti ini. Lalu klik di bagian Google News. Ada tiga tab yang harus kita isi; General, Content Setting dan Review & Publish.

publication

 

4. Pada bagian General kita akan diminta untuk mengisi informasi dasar. Pilih Publication Category sesuai jenis kategori blog atau yang paling mendekati. Pilih Distribution Worldwide dan Google Properties pilih yang All Properties. Klik verifikasi dengan Google Search Console, nanti secara otomatis akan terverivikasi ya. Kemudian klik Save di pojok kanan atas, dan klik Next di bagian kanan bawah.

5. Berikutnya ke tab Content Setting. Klik New Section, pilih Feed, muncul halaman; di bagian Title isi dengan nama blog, Url Feed RSS isi dengan format seperti ini ya https://namablog.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=rss jika masih bersubdomain di blogspot atau https://namablog.com/feeds/posts/default?alt=rss jika sudah ber-Top Level Domain. Pada bagian Access Group, masukkan email. Jangan lupa Save dan klik Next.

Content Setting

 

6. Pada tab terakhir, Review & Publish, akan terlihat apa saja yang perlu kita perbaiki dalam setelan Google News yang baru saja kita buat. Segera perbaiki semua yang masih ‘review’ dengan cara klik tulisan ‘review’ dan kita akan langsung dibawa ke bagian-bagian yang masih perlu dibenarkan setelannya. Jangan lupa ya selalu klik Save setelah mengedit, baru kemudian klik Next.

Review & Publish



7. Salah satu bagian yang biasanya dirujuk untuk direview adalah di bagian section. Kita perlu terus me-refresh sampai artikel-artikel di blog kita muncul disana. Jika artikelnya sudah muncul, klik save lalu kembali ke tab Review & Publish.

in review

 

8. Jika sudah tidak ada yang perlu direview, akan muncul pilihan untuk klik Publish Publication. Kita telah selesai mendaftar Google News dan tinggal menunggu karena situs sedang ditinjau kurang lebih 2-3 mingguan.

Jika Publication kita masih berketerangan “in review”, artinya Google masih melakukan peninjauan terlebih dahulu terhadap blog yang kita daftarkan. Dan jika Publication kita sudah tertera “Live”, artinya Publication kita sudah siap membagikan artikel-artikel kita setiap kali diterbitkan di blog. Tentu inilah yang kita tunggu-tunggu ya, dapat menikmati artikel-artikel yang bisa terindex dengan lebih cepat.

Bagaimana Sobat Readers, mudah bukan mendaftar Google News? Semoga panduan mendaftar Google News yang aku tuliskan di atas telah cukup lengkap dan jelas ya. Jika ada langkah yang salah atau terlewat boleh ya Sobat Readers ingatkan aku dengan tulis di kolom komentar. Terima kasih...


Sumber :
https://www.blogspedia.my.id/cara-mendaftar-google-news-untuk-blogspot/
https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-daftar-google-news/






Related Posts

4 komentar

  1. Makasih ka sangat bermanfaat🙏🏻

    BalasHapus
  2. wah, baru tau google news bisa membantu naik tingkat hehe makasih infonya, kak. otw coba

    BalasHapus

Posting Komentar