myidaayu.com

Manfaat SEO On Page, Apa Saja Sih?

6 komentar
Assalamu’alaikum…

Haloo Sobat Readers kembali lagi dengan tulisanku di Catatan IdaAyu. Pada kesempatan ini aku ingin membagikan sedikit pengetahuanku tentang manfaat SEO on page disini. 

Judul Manfaat SEO On Page

Sebagai Blogger pemula pengetahuanku tentang SEO on page pun belum banyak. Aku pertama kali mengenal istilah SEO On Page ini di kelas blogging yang sedang aku ikuti yaitu Blogspedia coaching batch 3.

Semua yang aku tulis disini berdasarkan pemahamanku menerima penjelasan dari Coach Marita Ningtyas tentang SEO On Page, serta ditambah dari hasil membaca berbagai materi rujukan dari Coach kesayangan ini. Oleh karena itu jika Sobat Readers memiliki pengetahuan lebih tentang SEO On Page ini bolehlah juga berbagi ilmunya disini, supaya pengetahuanku juga turut bertambah.

Baiklah sebelum kita membahas apa manfaat SEO On Page ada baiknya kita pahami dulu apa sih sebenarnya SEO ini?

Pengertian SEO on page

Mengawali pembahasan kita tentang SEO On Page, perlu kita tahu apa itu SEO terlebih dahulu. Yups, SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. SEO ini merupakan cara mengoptimalkan artikel di blog kita agar mudah di temukan oleh pengguna mesin pencari seperti Google
Bagi seorang blogger penting untuk mempelajari SEO ini supaya apa yang kita tulis di blog dapat lebih mudah tersampaikan ke pembaca sehingga big why untuk menebar manfaat pun dapat tercapai. Untuk bisa menjadi bermanfaat kita juga memerlukan traffic, nah SEO ini merupakan cara untuk mendapatkan traffic jangka panjang meskipun membutuhkan waktu yang tidak sebentar. 
Sebagai blogger pastilah bercita-cita tulisannya akan dibaca oleh banyak orang, jadi bagaimana caranya? Ya dengan menerapkan teknik-teknik SEO ini. Salah satu manfaat SEO adalah untuk mengoptimalkan blog kita agar bisa masuk peringkat teratas di hasil pencarian Google, jikalaupun belum bisa mendapatkan peringkat teratas paling tidak artikel kita bisa muncul di halaman terdepan hasil pencarian Google, sehingga akan bisa ditemukan oleh para pembaca yang membutuhkan informasi dari artikel kita. 
Adapun teknik SEO yang sering diterapkan yaitu:
  • White SEO adalah SEO yang murni dan tidak dicampur dengan cara tipuan algoritma.
  • Black SEO adalah Teknik SEO yang dilakukan agar bisa cepat berada di page one tetapi dengan menggunakan cara yang tidak benar. Namun penerapan cara ini pun dapat membahayakan blog, karena jika mesin pencari mengetahuinya maka artikel atau pun blog kita bisa hilang.
  • Grey SEO adalah penggunaan dua teknik SEO, White dan Black.
Setelah tahu teknik SEO, mari kita mengenal dua jenis SEO, yaitu :

1. SEO On Page

SEO On Page ini ibarat sebuah pondasi bagi sebuah blog, maka penting membuatnya kokoh. SEO On Page ini adalah elemen-elemen yang berkaitan langsung dengan website kita. Meliputi kualitas konten, struktur konten , kecepatan halaman, penggunaan backlink, optimasi gambar serta penggunaan meta diskripsi.

2. SEO Off Page

SEO Off Page adalah penguatan elemen di luar blog kita. Tujuannya adalah untuk meningkatkan otoritas website dan menaikkan rankingnya di hasil mesin pencarian.

Tips SEO On Page  

Pada artikel ini aku akan lebih mengulas tentang SEO On Page. Pasti penasarankan apa saja sih tips yang bisa kita lakukan untuk mengoptimalkan SEO On Page di blog kita? Nah berikut ini adalah 13+ tips SEO On Page menurut mbak Marita yang juga ditulis dalam artikelnya di Blogspedia.

Penerapan SEO On Page

1. Judul

Judul menjadi bagian penting dari sebuah artikel. Pemilihan judul yang tepat akan menarik minat pembaca. Untuk itu maka perlu kita menentukan keyword atau kata kunci yang tepat yang nantinya kita sisipkan pada judul. Judul sebaiknya tidak terlalu Panjang. Untuk artikel blog idealnya judul adalah 55 karakter.

2. Permalink

Keyword juga harus ada pada permalink. Panjang permalink baiknya tidak lebih dari 75 karakter dihitung dari huruf “H” di Https.

3. Deskripsi

Pada bagian deskripsi juga harus mengandung keyword. Penyebutan kata kunci sebanyak dua kali secara natural pada deskripsi ini akan lebih baik. Deskripsi dibatasi hanya 150 karakter panjangnya.

4. Paragraf Pertama

Sangat disarankan penyebutan keyword pada paragraph pertama atau pada 150 karakter pertama pada paragraf kesatu. Ini penting karena terkadang yang muncul pada deskripsi Google bukan meta deskripsi melainkan isi artikel kita.

5. Stop cara jadul penulisan Keyword

Saat ini Google sudah lebih friendly dalam mengenali kata kunci atau keyword sehingga tidak perlu lagi diberikan bold, italic atau underlind pada penulisan keyword di sebuah artikel.

6. Paragraf akhir

Setelah muncul di judul, permalink, deskripsi dan paragraf pertama, keyword juga harus muncul di paragraf akhir ya readers.

7. Jumlah Kata dalam satu artikel

Tidak ada aturan pasti tentang baiknya berapa jumlah kata yang kita tuliskan, namun ada baiknya kita memperhatikan artikel dari bloger lain. Akan lebih baik jika kitab isa menulis lebih Panjang dari artikel yang ditulis blogger lain.

8. Optimalkan penulisan paragraf

Penting ya untuk kita bisa menuliskan secara singkat, padat, ringkas dan berisi. Paragraf tidak perlu dibuat terlalu Panjang.

9. Heading

Ini terkait dengan struktur konten ya, penggunaan heading yang tepat sangat disarankan. Kita bisa memanfaatkan pengaturan heading mulai dari H1, H2, H3 dst secara urut.

10. Optimalkan penggunaan gambar

Bagaimana caranya supaya bisa menggunakan gambar secara optimal? Sebaiknya gambar ukurannya tidak lebih dari 100 Kb, rename file gambar sesuai deskripsi gambar, dan isi title dan alt text pada pengaturan gambar.

11. Memasukkan Link Pada Artikel

Saat menyematkan link pada artikel kita, harus di ingat bahwa jumlah internal link harus lebih banyak daripada eksternal link. Sebaiknya setiap kita memasukkan 1 ekternal link maka di imbangi dengan 3 internal link.

12. Gunakan LSI Keyword

Penggunaan keyword yang berulang-ulang pada artikel kitab isa digantikan dengan menggunakan LSI atau padanan kata. Ini akan membuat artikel kita lebih natural dan tidak membosankan.

13. Share di Media Sosial

Dengan membagikan artikel di media sosial memungkinkan seorang blogger menjadi lebih dikenal dan mendapat pembaca baru.

14. Lakukan Inspect URL

Ini dilakukan dengan menggunakan Google Search Console. Gunanya adalah supaya tulisan kita cepat terindeks oleh Google.

Manfaat SEO On Page

Setelah tahu tips untuk mengoptimalkan SEO On Page di blog, sekarang kita bahas ya manfaat SEO On Page ini bagi blog supaya lebih bersemangat kita dalam menerapkan semua tipsnya.

SEO On Page

1. Blog lebih mudah ditemukan oleh pembaca

SEO ini adalah strategi supaya blog kita bisa lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari dan pengguna mesin pencari. Dengan mudahnya blog kita ditemukan oleh mesin pencari maka otomatis memungkinkan setiap hari akan ada pembaca yang singgah di blog kita.

2. Mendapatkan traffic jangka Panjang

Dengan menerapkan SEO On Page ini ketika kita menggunakan kata kunci yang pas, kata kunci yang banyak dicari oleh pembaca maka akan bisa menjadi penyumbang pageview terbanyak untuk blog kita.

3. Tampilan blog lebih menarik

Struktur konten merupakan salah satu elemen dari SEO On Page sehingga dengan menerapkannya tampilan dari blog kita akan lebih rapi dan terstruktur. Nah salah satu contoh penerapan struktur konten ini adalah penggunaan heading yang harus urut dari H1, H2, H3 dan seterusnya.

4. Menciptakan Ciri Khas Blog

Penerapan SEO On Page masing-masing blogger bisa jadi akan berbeda-beda. Ini bisa menjadi sebuah ciri khas dari sebuah blog.

Demikian sedikit ulasanku tentang tips serta manfaat SEO On Page. Yuk mulai kita terapkan tips SEO On Page di blog kita dan rasakan manfaatnya!


Sumber
https://www.blogspedia.my.id/tips-seo-on-page/
https://www.blogspedia.my.id/pengertian-jenis-dan-cara-belajar-SEO/
https://www.blogspedia.my.id/cara-optimasi-seo-pada-gambar/






Related Posts

6 komentar

  1. MasyaAllah mbak, ikut kelas ini tuh bener2 kerasa manfaatnya di aku pribadi. Sekarang jadi lebih hati2 kalo nulis, lebih cermat lagi soal aspek2 SEO on page nyaa.. Semoga kita bisa menerapkan teknik seo ini secara konsisten yaa. Semangat terus belajar dan ngontennya!! ❤

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb berasa beruntung ya bs ikut blogspedia coaching...apalagi aku yg pemula begini

      Hapus
  2. Akutuh sempet cenut-cenut pas ngerjakan ini mbak sampai sekarang sih hehe, kudu banyak belajar lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...sama mb...cenat cenut tp ga pgn nyerah ya mb,sayang ini kesempatan belajarny

      Hapus
  3. Bisa menerapkan seo ini besar banget manfaatnya buat blog kita ya mba. Semoga aku bisa konsisten menerapkannya. Kadang suka ada yg kelupaan krn belum terbiasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin...aamiin...smoga akupun bisa konsisten,mari belajar bersama mbak

      Hapus

Posting Komentar