myidaayu.com

Resep Boterkoek: Crunchy Di Luar, Lembut Di Dalam!

5 komentar
Assalamu’alaikum…

resep boterkoek


Sobat Readers adakah yang memiliki hobby membuat kue? Sudah pernah mencoba membuat Boterkoek? Jika belum pernah membuat Boterkoek, maka kue yang satu ini wajib untuk masuk dalam list rencana kalian untuk dibuat ya. Cara pembuatan Boterkoek tergolong sangat mudah, namun rasa yang ditawarkannya luar biasa. 

Ingin tahu lebih lengkap tentang Boterkoek serta bagaimana cara membuatnya? Simak ulasanku berikut ini ya.

Sekilas Tentang Boterkoek

Boterkoek, terdengar asing ya di telinga kita. Kue bercita rasa manis gurih dengan aroma butter yang kuat ini aslinya berasal dari Belanda. Kue ini biasa disebut juga Dutch Butter Cake atau Lekker Holland.

Hmm, dari namanya saja sudah bisa di tebak bahwa kue ini menggunakan mentega sebagai bahan utamanya. Dutch butter cake ini memilki tekstur crunchy alias garing dan renyah dibagian permukaannya, namun lembut seperti bolu di dalamnya. Terbayang ya nikmatnya kue ini jika disajikan bersama kopi atau teh.

sejarah lekker holland

Kue berbahan dasar butter ini biasanya dibuat dengan taburan beragam topping diatasnya, membuat rasa dan penampilannya semakin istimewa. Konon, aslinya Lekker Holland ini di sajikan polos tanpa topping dan dipotong kecil-kecil saat akan menyantapnya. Yang menjadi ciri khas dari kue asal Belanda ini adalah warna keemasan dengan motif garis-garis diatasnya.

Resep Boterkoek

Beberapa waktu yang lalu aku pun penasaran untuk mencoba membuat Boterkoek ini. Terinspirasi dari resep Tintin Rayner namun beberapa bahan aku ganti dengan yang lebih mudah aku dapatkan di toko kue sekitarku. Sobat Readers juga bisa ya coba membuat sendiri kue ini di rumah.

Bahan :

  • 220 gr Tepung Terigu (aku memakai merk kunci)
  • 100 gr Butter (aku memakai merk Anchor)
  • 100 gr Margarin (aku memakai merk Palmia)
  • 1 butir telur
  • 150 gr gula pasir (blender)
  • 1 sc susu bubuk (aku memakai merk Dancow)
  • 1sdt perasa vanilla

Topping : almond slice dan cocochips (opsional)

Olesan : kuning telur mix susu cair


Langkah :

1. Panaskan oven 170 derajat celcius, siapkan Loyang dan alasi dengan kertas roti. Aku memakai loyang ukuran 10x30 cm, jika Sobat Readers ingin menggunakan Loyang sekat dan mengganti ukuran loyangnya pun bisa.
2. Butter, margarin, gula, telur dan vanilla di campur dalam wadah kemudian aduk dengan mixer menggunakan kecepatan tinggi sampai lembut dan berwarna pucat.
3. Masukkan campuran tepung terigu dan susu bubuk yang telah di ayak sebelumnya. Aduk menggunakan spatula hingga tercampur rata.
4. Tuang adonan ke dalam Loyang yang telah disiapkan, ratakan menggunakan spatula.
5. Oleskan bahan olesan diatasnya kemudian buat motif garis-garis menggunakan garpu.
6. Taburkan topping diatasnya.
7. Panggang selama kurang lebih 30 menit di suhu 170 derajat (suhu tiap oven berbeda-beda jadi kenali dan sesuaikan dengan oven masing-masing ya).
8. Matang, tunggu agak dingin baru keluarkan dari Loyang.
9. Potong-potong dan sajikan.

Mohon maaf ya Sobat Readers, aku tidak menyertakan foto langkah pembuatannya karena tidak ada rencana menuliskannya pada awalnya, namun step-step langkah yang telah aku tulis diatas sangat mudah kok untuk diikuti, so pasti bisa!


Tips Membuat Dan Menyajikan Boterkoek

Simple ya Sobat Readers cara membuat Lekker Holland ini. Nah aku ingin berbagi sedikit tips selama membuat dan menyajikan kue ini ya..



Resep Lekker

 

1. Bagi kalian yang merasa bingung apakah kue sudah matang atau belum, sebelum mengangkat dari oven bisa melakukan tes tusuk menggunakan lidi ya. Kue yang sudah matang tentunya tidak akan meninggalkan adonan menempel pada lidi.

2. Boterkoek ini aroma butternya sangat kuat, saat di panggang jika sudah mulai tercium aroma wangi butter biasanya menandakan kue sudah mulai matang, Sobat Readers bisa melakukan tes tusuk.

3. Perhatikan permukaan kue saat di panggang, jika sudah mulai warnanya keemasan namun dengan tes tusuk ternyata dalamnya belum matang maka pindahkan setelan oven menjadi menggunakan api bawah saja supaya permukaan tidak gosong.

4. Untuk ketebalan kue boterkoek ini bisa menyesuaikan selera masing-masing ya. Aku lebih suka boterkoek yang agak moist dan lembut di dalam sehingga aku membuatnya agak tebal. Untuk kalian yang lebih suka tekstur garing bisa mencoba membuatnya lebih tipis.

5. Resep diatas dapat dikreasikan lagi sesuai keinginan Sobat Readers ya! Misalnya dengan menambahkan pasta pandan supaya mendapatkan tampilan warna hijau dan aroma wangi pandan, atau untuk kalian pecinta keju bisa menambahkan parutan keju dalam adonan dan sebagai toppingnya, dijamin kue akan lebih gurih dan aromanya makin mengoda.

6. Kue ini selain cocok sebagai teman minum teh/kopi juga bisa dinikmati selagi hangat maupun dingin. Jika kue tidak langsung habis dimakan, biasanya aku memotong-motong kue kemudian memasukkannya di toples dan menyimpannya di kulkas. Sensasi dinginnya setelah disimpan dikulkas membuat rasanya semakin unik.

7. Jika ditanya berapa lama/hari kue dapat bertahan (tidak rusak) maka aku tidak dapat memberi jawaban pasti karena biasanya kue langsung ludes dimakan begitu keluar dari oven, hehe.

Mudah sekali bukan cara membuat kue khas Belanda ini, apakah Sobat Readers tertarik untuk mencoba membuatnya? Semoga resep Boterkoek yang aku bagikan ini bisa menjadi salah satu inspirasi ide camilan sehat untuk keluarga ya. Yuk langsung coba buat, dijamin tidak akan tahan dengan godaan wangi butternya yang khas dan rasanya yang yummy banget, one piece will never be enough!

kue lekker


Related Posts

5 komentar

  1. Looks nyum banget mbakk bisa buat ide jualan juga nih hehe

    BalasHapus
  2. Pas baca judulnya aku kira ini masakan, pas baca ternyata kue 😂 Mungkin karena dari Belanda jadi pelafalannya gak jelas ya. Butter jadi boter, Cook jadi koek. Jadi boterkoek, wkwk. Bahannya dikit bgt dan gampang ditemukan yaa, pengen ahh ntar coba kalau gak mager 😂

    BalasHapus
  3. lihat kuenya jadi laper mba... jadi pengen bikin..

    BalasHapus
  4. Mbak aq baru tahu ini.. bahannya juga mudah.. besok harus buat ini

    BalasHapus
  5. Tadinya aku kira bakalan butuh bahan yang sultan banget, ternyata bahannya mudah didapat. Keliatan cantik dan lezat pula. Jadi kepengen

    BalasHapus

Posting Komentar