myidaayu.com

Fiksioner, Menata Template Blog Impian Jadi Mudah!

12 komentar
menata template


Assalamu’alaikum…

Menata template blog impian, perlukah? Yups, semua blogger pasti memiliki impian masing-masing akan desain dan tampilan blognya. Seperti setiap manusia yang berbeda-beda dan memiliki ciri khasnya masing-masing, setiap blog pun pasti memiliki ciri khasnya masing-masing.

Pemilihan warna, font, desain gambar, dll pada setiap blog akan memberikan ciri khusus untuk sebuah blog sehingga pembaca dengan cepat akan bisa mengenali blog tersebut. Kemudian apakah sulit menata template blog impian sendiri?

Apakah Perlu Menata Template Blog?

menata template gratis


Menata template blog bukan hanya sekadar untuk mengubah tampilan blog menjadi cantik saja ya Sobat Readers, walaupun itu juga penting ya supaya pembaca senang berkunjung di blog kita, hal yang lebih penting lagi adalah supaya blognya SEO Friendly.

Kenapa harus SEO Friendly? Karena blog yang menggunakan template yang SEO Friendly akan lebih mudah ditemukan pada mesin pencari sehingga akan lebih mudah mendapatkan traffic atau pengunjung setiap harinya. Pasti langsung inget donk ya dengan alasan ngeblog masing-masing?

Nah setelah tahu nih alasan kenapa perlu menata template blog berikutnya kita harus tahu ya dasar sebuah blog desain. Apakah saja itu, yuk lanjut simak ya.

1. Background tulisan harus putih supaya membuat pembaca nyaman. Background putih memberi efek ramah di mata saat kita membaca tulisan. Loading juga akan lebih ringan ketika kita menggunakan background putih.

2. Layout yang menampilkan konten di kiri dan sidebar di kanan lebih direkomendasikan ya karena idealnya mata kita ketika membuka blog akan lebih fokus ke sebelah kiri.

3. Header tidak lebih dari setengah layar sehingga tidak mengganggu konsentrasi pembaca saat melihat isi konten.

4. Penggunaan hanya dua atau tiga warna kombinasi. Kebayangkan ramainya kalau kita menggunakan banyak warna dalam sebuah artikel kita, bisa jadi malah akan mengganggu fokus pembaca.

5. Menggunakan font serif/sans serif pada tulisan di paragraf sehingga mudah dibaca. Handwriting atau font dengan bentuk yang lebih berseni dapat digunakan untuk bagian judul.

Bagaimana Proses Menata Template Blog Impian?

Disini aku ingin menceritakan pengalamanku saat proses menata template blog impian sendiri ya Sobat Readers!
Awalnya setiap kali membaca artikel di blog lain aku selalu kepengen juga punya blog yang cantik dan rapi seperti milik teman-teman blogger yang sudah berpengalaman. Namun apa daya aku sungguh tidak tahu apa yang harus aku lakukan untuk bisa mengubah tampilan blogku.

Menata Template Bawaan Blogspot

Beruntungnya aku mendapat materi tentang menata blog sederhana di Blogspedia Coaching. Ketika materi pertama diberikan langsung dengan bersemangat aku mencoba mempraktekkannya. Rupanya lumayan banyak yang perlu ditambahkan pada blogku yang awalnya menggunakan template Simple bawaan Blogspot.

Seperti yang kita tahu ya Blogspot sendiri menyediakan banyak pilihan template seperti Simple, Soho, Emporio, dan Contempo. Namun kelemahan template bawaan Blogspot ini belum SEO Friendly. Maka pada materi “Permak Blog Sederhana” diberikan materi cara membuat tombol Back To Top, menambahkan social media button, memasang banner di widget serta membuat menu dropdown. Dan aku merasa kesulitan ketika mencoba mempraktekkan langkah-langkah membuatnya, hee…

Oh iya dalam penjelasannya Coach Marita Ningtyas memberikan kunci dalam menata template blog, yaitu :
  • Berani. Menata template blog harus berani mencoba dan tidak boleh takut salah.
  • Fokus. Saat menata template kita akan menggunakan banyak kode jadi harus focus.
  • Sabar. Perlu kesabaran Ketika kita mulai menata template blog ya, karena rupanya ini tidak mudah menurut aku, hee.

Menggunakan Template Fiksioner By Igniel

Nah setelah puas mencoba menata ulang template bawaan blogspot tibalah saatnya berkenalan dengan template pihak ketiga. Dalam materi Memasang Template Unduhan inilah aku mengenal adanya template Fiksioner By Igniel yang memiliki versi berbayar maupun versi gratis.

Nah Ketika pertama kali melihat demo template fiksioner Versi 3 (versi terbaru) aku merasa sepertinya dengan menggunakan template ini akan lebih memudahkan aku dalam menata template blog impianku.

Aku mulai mencoba fokus membaca dokumentasi fiksioner dan materi yang diberikan Coach Marita, kemudian mulai mencoba melakukan langkah-langkah sesuai yang tertulis disana. Aku mulai mem-back up data template lama dan meng-up load file xml template fiksioner.

Pengaturan template baru tersimpan dan tampilan blogku langsung berubah. Aku berhasil memasang template fiksioner di blogku, yeyy! Lalu apakah sudah selesai? Awalnya aku pikir sudah selesai segampang itu tapi ternyata masih banyak yang perlu dibenahi.

Ada beberapa kode HTML yang harus disesuaikan seperti yang ada dalam penjelasan materi Coach Marita. Kemudian untuk memastikan blogku sudah SEO Friendly pasca dipasang template Fiksioner ini maka aku perlu mengecek susunan headers-nya. Susunan headers yang urut ini merupakan salah satu paramer SEO Friendly dan dapat di cek menggunakan META SEO Inspector.

download templete blog gratis


Setelah selesai dengan kode-kode HTML kemudian aku mulai mengganti warta tema, memasang Header image, mengganti nama-nama menu juga mengatur tampilan widget.

Bagaimana hasilnya?

Penampakan Before And After Blog Impian

menata template mudah


Inilah penampakan blog Catatan IdaAyu saat masih menggunakan template Simple dan setelah ditata ulang menggunakan template Fiksioner. Apa yang berbeda dan apakah sudah sesuai dengan blog impianku?

1. Dropdown

Template fiksioner sudah menyediakan menu dropdown sejak pengaturan defaultnya sehingga sangat membantu. Aku tidak perlu lagi membuat menu dropdown dan cukup mengganti link menunya supaya tertaut dengan halaman-halaman di blogku.

2. Sidebar

Sejak awal menggunakan template Simple sidebar blogku sudah ada di sebelah kanan namun dengan template Fiksioner menjadi lebih tertata rapi. Tampilan about, label dan arsip di widget lebih mudah ditemukan.

3. Tombol Back To Top dan Social Media Button

Menurutku keberadaan tombol back to top dan social media button ini penting. Di template Fiksioner sudah disediakan dari pengaturan defaultnya. Sehingga aku tidak perlu berpusing-pusing lagi membuatnya serta tinggal menautkannya pada link alamat social media-ku.

4. Related Post

Dari dulu ingin sekali memiliki Related post di tulisanku namun aku belum bisa membuatnya. Nah menggunakan template Fiksioner ini Related Post otomatis muncul di setiap artikel berlabel sama. Yeyy tidak perlu repot membuatnya ya!

Nah setelah selesai dengan menata template kemudian aku juga melakukan pengecekan Pagespeed Insight dan Seooptimer.  

download template ringan

template seo friendly


Menurutku banyak kemudahan yang diberikan oleh template Fiksioner ini ya dan aku menyukai perubahan tampilan blogku. After with Fiksioner cukup membuatku mendapatkan blog impianku daripada before with Simple.

Jadi bagaimana nii dengan pengalaman Sobat Readers menata template blog impian? Boleh ceritakan juga di kolom komentar ya!





Related Posts

12 komentar

  1. Seru banget sih kalau udah otak-atik template ya mbak walau aku butuh berhari-hari wkwkwk

    BalasHapus
  2. Bener banget mbak, Fiksioner ini menurutku emang gampang setelannya... aku pernah pake template pihak ketiga yang lain, tapi setelannya lebih ribet, apalagi dokumentasinya kurang komplit., akhirnya aku ganti fiksioner aja...

    BalasHapus
  3. Bener banget mbak, puas rasanya ya akhirnya kita bisa bikin kayak orang-orang

    BalasHapus
  4. Bener mba, banyak kemudahan dari template ini. Akupun merasakannya, jadi sat set sat set 😂

    BalasHapus
  5. Akhirnya berhasil ya mba menata templatenya.... Semakin sering mantengin html semakin hapal nantinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba,semakin mudeng mana2 yg perlu diganti

      Hapus
  6. seru dan menegangkan ya kak, huha proses yang panjang buat saya menguliknya
    setelah tugas ini saya mau ulik lagi lebih jauh

    BalasHapus

Posting Komentar