myidaayu.com

Cara Mengubah Domain Blogspot Menjadi Yang Kamu Mau

5 komentar
Assalamu’alaikum…

Haloo Sobat Readers! Kalian punya nama impian untuk blogmu? Bingung bagaimana cara mengubah domain blog menjadi yang kamu mau? Nah pada artikel kali ini aku ingin membagi sedikit pengalamanku tentang cara mengubah domain blogspot menjadi custom domain impianku.
custom domain

Apa itu Domain dan TLD

Sobat Readers pasti sudah paham betul ya apa itu domain? Yups, domain adalah alamat situs website yang kita ketikkan ketika sedang mencari sesuatu di internet. Domain berfungsi untuk melacak keberadaan sebuah website dari dunia internet yang begitu luas.

Contoh domain yang paling popular dan terdengar familiar bagi kebanyakan orang adalah .com. Untuk mendaftarkan nama domain kita harus memilih nama yang unik supaya tidak sama dengan domain website lain sehingga dapat dilacak dengan baik oleh internet.

Nah, aku ingin berbagi tips untuk memilih nama domain ya...
  • Pastikan nama domain unik, pendek dan mudah diingat
  • Jangan menggunakan angka atau tanda hubung
  • Usahakan memilih nama yang mudah diucapkan serta dieja
Gimana sudah mendapat ide untuk nama domain impianmu?

Sementara itu, sambil memikirkan domain impianmu aku juga akan memberi informasi singkat tentang apa itu TLD (Top Lavel Domain). TLD adalah salah satu jenis domain. TLD merupakan ekstensi domain yang sudah sangat populer dikalangan banyak orang saat ini.

Saat ini terdapat ratusan TLD, namun yang paling popular adalah .com, .org, .gov dan .net. Banyak orang menggunakan TLD dengan berbagai alasan salah satunya karena TLD lebih mudah diingat. Alasan ini biasanya digunakan oleh website yang sifatnya lebih personal dan tidak mengarah ke suatu organisasi.

Dengan TLD, diharapkan dapat memperoleh peringkat yang lebih unggul di search engine google karena mudah diingat. Hal ini tentu juga harus didukung dengan penerapan kaidah SEO On Page untuk setiap artikel.

Membahas tentang peringkat di search engine google tentu mengingatkan tentang big why ngeblog kita lagi ya. Jadi lebih semangat lagi donk tentunya untuk ngeblog! Sama seperti aku nih yang akhirnya mengganti domain blogspot dengan custom domain di Niagahoster dengan harapan akan bisa lebih semangat untuk konsisten menulis karena domainnya sudah TLD. Berharap dengan domain baru nanti bisa menjadi seorang bloger professional. Aamiin…

Nah Bagi Sobat Readers yang ingin tahu lebih lengkap cara memasang TLD bisa langsung membaca artikel di Blogspedia ya!

Cara Mengubah Domain Blogspot


Seperti Sobat Readers tahu nama domain dari Blog Catatan IdaAyu ini adalah catatanidaayu.blogspot.com. Ini adalah domain yang aku dapatkan saat mendaftar di blogspot, sedikit tidak sesuai harapanku saat itu namun karena nama incaranku tidak bisa aku pilih maka ya sudahlah tidak mengapa. Nah pada kesempata belajar memasang TLD di blog sendiri yang merupakan salah satu materi Blogspedia Coaching, aku ingin menamai blogku dengan nama impian.

Yups, idaayu.com adalah nama yang ingin sekali aku sematkan untuk blog pertamaku ini. Namun lagi-lagi ternyata tidak seperti bayanganku, nama ini tidak dapat aku pesan di Niagahoster. Akhirnya aku mencoba sedikit mengubahnya menjadi nama yang sekarang ini, myidaayu.com, semoga bisa menjadi branding yang kuat untuk blogku ini.

Oh iya seperti yang telah sempat aku singgung tadi bahwa aku mengubah domain blogspot menjadi custom domain impianku ini di Niagahoster ya Sobat Readers. Bagi kalian yang juga tertarik dan ingin tahu langkah-langkahnya bisa langsung simak ulasanku ini ya!

Login Member Area Niagahoster

log in member area niagahoster

Langkah pertama yang aku lakukan adalah login member area di Niagahoster. Melalui login di member area inilah nantinya kita akan order serta setting domain.

Order Domain Di Niagahoster

1. Cari website Niagahoster melalui google search dengan mengetikkan “Niagahoster”. Di halaman pertama Niagahoster ini kita klik Domain dan kita cek apakah nama yang kita cari tersedia atau tidak.

2. Jika nama yang kita cari tersedia maka akan muncul tampilan seperti ini, lalu klik Pilih.

cara custom domain blogspot

Jika nama yang kita cari tidak tersedia maka akan muncul banyak pilihan nama lain di bawahnya. Jika belum menemukan yang cocok maka kita masih bisa terus mencoba mencari nama lainnya ya. Disini aku langsung mengetikkan idaayu.com namun tidak tersedia, sehingga aku mencoba mencari nama lain yang akhirnya aku memilih myidaayu.com.

3. Kemudian akan muncul tampilan seperti ini. Kita dapat mengecek apakah total yang harus kita bayar sudah benar atau belum. Jika sudah tepat maka klik Lanjutkan.

harga domain niagahoster

 
4. Akan muncul tampilan pilihan cara pembayaran. Kita dapat memilih yang dirasa paling nyaman untuk kita. Kalau aku sendiri saat itu memilih pembayaran dengan mobile banking sehingga bisa aku lakukan di jam berapapun.

metode pembayaran domain niagahoster

 

5. Setelah memilih salah satu pilihan cara pembayaran maka akan muncul kotak form isian data identitas kita.

6. Setelah semua terisi dengan benar maka kita dapat mengklik Checkout Sekarang. Kemudian kita akan mendapatkan virtual account untuk pembayaran domain yang kita order. Segera lakukan pembayaran ya supaya segera bisa kita setting custom domainnya.

Setting Domain di Niagahoster

Setelah selesai melakukan pembayaran, kemudian kita akan melanjutkan dengan men-setting domain ya Sobat Readers.

Langkah Pertama Masuk Ke Blogspot

1. Buka Blogspot untuk mendapatkan CNAME dengan cara klik menu Setting di dashboard.

2. Scroll sampai menemukan Publishing kemudian kita klik di Custom Domain.

3. Masukkan domain kita dengan www. Kemudian klik Save.

4. Kemudian akan muncul pesan berisi CNAME beserta destination. Kita memerlukan CNAME kedua.

 
transfer domain niagahoster
Sumber : niagahoster.co.id

Langkah Kedua Masuk Ke Member Area Niagahoster

1. Klik menu Layanan Anda kemudian pilih Domain

status domain niagahoster
Sumber : niagahoster.co.id


2. Klik tombol Kelola Domain

kelola domain
Sumber : niagahoster.co.id


3. Kita akan masuk ke halaman Pengaturan Domain, kemudian pilih DNS Management

pengaturan DNS Niagahoster
Sumber : niagahoster.co.id

4. Akan ditampilkan Pengaturan DNS, klik Blogspot.

niagahoster
Sumber : niagahoster.co.id

 

5. Muncul pop up Custom Domain dan kita perlu mengisikan CNAME kedua dari dashboard Blogspot pada kolom yang tersedia. Teliti apa sudah terisi dengan benar kemudia Save Record.
 
mendaftarkan CNAME di niagahoster
Sumber : niagahoster.co.id


6. Selamat! CNAME kita sudah tersimpan di member area niagahoster. 

7. Kita dapat melihat CNAME tersimpan di halaman DNS Management.

google domain
Sumber : niagahoster.co.id

 
8. Berikutnya kita perlu mengecek pada tab Name Server. Pastikan kolom Nameserver 1 dan 2 telah terisi dengan benar sesuai gambar dibawah ini.

custom domain
Sumber : niagahoster.co.id

 

Langkah Ketiga Kembali ke Blogspot

1. Kembali lagi ke dashboard Blogspot dan masukkan domain kita kemudian klik Save

setting custom domain
Sumber : niagahoster.co.id



2. Jika penyimpanan telah berhasil maka nama domain kita akan tersimpan di Custom Domain. Dan aktifkan Redirect Domain.
setting domain
Sumber : niagahoster.co.id

 
3. Setelah Redirect Domain kita aktifkan maka kita bisa mengakses blog kita dengan nama domain tanpa www. Contohnya myidaayu.com.
 
custom domain



Yeeeyy! Sudah berhasil ya! Nama domain sudah sesuai Impian kita. Lumayan Panjang ya Sobat Readers. Namun tidak perlu khawatir karena dalam prakteknya tidak akan terlalu rumit kok asalkan kita tenang dan sabar. Dan di tambah lagi kita dapat meminta customer servis Niagahoster untuk memandu setiap langkah kita ketika men-setting melalui percakapan chat.

Jadi gimana nih, pasti sobat Readers sudah tidak sabar ya mencoba cara mengubah domain blogspot menjadi custom domain impian seperti yang telah aku jabarkan diatas? Yuk langsung praktekkan!



Sumber :
https://www.niagahoster.co.id/kb/mudah-custom-domain-ke-blogspot
https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-mengganti-domain-blogspot/
https://glints.com/id/lowongan/domain-adalah/#.YtAy8XZByNd




















Related Posts

5 komentar

  1. Seru banget yaa pasang TLD...dan bisa buat artikel super lengkap seperti ini...yeeeaay

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba,trimakasih sudah berkunjung

      Hapus
  2. Makasih Kak, jadi pengen pasang TLD di niagahoster deh untuk blog satunya 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuks langsung pasang di niagahoster

      Hapus
  3. Pasang custom domain di niagahoster mudah dn simple ya mba, cocok nih buat pemula seperti saya

    BalasHapus

Posting Komentar