myidaayu.com

Bergerak Cepat Amankan Bukti Penyelidikan Dan Ciptakan Peluang Menjadi Penyidik Yang Lebih Berprestasi Bersama ASUS Zenfone 9

13 komentar
Amankan Bukti Penyelidikan bersama ASUS Zenfone 9

Hp terus sih Yah?!


Begitu celetuk Alula ketika melihat ayahnya yang terus saja menatap layar ponselnya. Raut muka serius selalu terpasang di wajahnya ketika manatapi layar gawainya. Tak peduli weekday ataupun weekend, suamiku memang tak bisa jauh dari smartphone-nya.

Tak heran jika terkadang anak-anak merasa kesal, apa saya tidak kesal? Oh tentu saja sama, haha. Namun tujuh tahun mendukungnya membuat saya harus memahami akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai penyidik ​​kepolisan. Setiap saat suamiku harus stand by , siap menerima tugas yang kadang tak kenal waktu.

Tugasnya untuk mencari dan mengumpulkan bukti, yang dengan bukti-bukti tersebut akan digunakan untuk membuat “terang” suatu tindak pidana pada sebuah peristiwa, menjadikan gawai adalah sebuah kebutuhan. Smartphone-nya menjadi alat menangkap, merekam, serta menyimpan segala bukti yang ditemukannya.

Saya pun pernah bertanya kepadanya tentang bagaimana cara para penyidik ​​kepolisan mengumpulkan bukti-bukti. Pak suami menjelaskan secara singkat, namun ternyata prosesnya panjang. Merasa penasaran saya pun mencoba mencari informasi melalui internet.

Kegiatan Penyelidikan Guna Mengumpulkan Bukti Tindak Pidana Kejahatan


Membaca banyak materi tentang kegiatan penyelidikan yang panjang, sedikit memberi gambaran bagi saya tentang apa saja yang harus dilakukan seorang penyelidik kepolisan ketika harus melakukan pekerjaannya. Berikut merupakan rangkumannya.

Pengolahan TKP

Pengolahan TKP merupakan kegiatan penyelidikan yang paling awal dilakukan, dimana dalam kegiatan ini keterangan, barang bukti, identitas tersangka, petunjuk dan saksi/korban dicari dan dikumpulkan untuk kemudian dicari hubungan dari kesemuanya sehingga diperole lah gambaran modus operandi sebuah tindak pidana.

Pengamatan ( Pengamatan )

Melakukan pengawasan pada suatu objek, tempat dan lingkungan tertentu guna memperoleh informasi yang dapat melengkapi informasi yang telah ada sebelumnya.

Wawancara ( Wawancara )

Wawancara dilakukan guna memperoleh keterangan dari pihak-pihak tertentu. Wawancara ini tentu dilakukan dengan menggunakan cara tertentu agar pertanyaan tentang apa, siapa, dimana, dengan apa, mengapa, bagaimana, dan bilamana dapat terjawab.

Pembuntutan ( Pengawasan )

Pembuntutan, sudah terbayang ya apa yang dilakukan dalam kegiatan ini. Yups, megikuti seseorang yang diduga adalah pelaku tindak pidana atau orang lain yang mungkin dapat menunjukkan siapa pelaku sebenarnya. Pada kegiatan penyelidik ini juga mencari tahu aktivitas, kebiasaan, lingkungan atau jaringan yang mungkin terkait. Tak jarang pula harus mengikuti pendistribusian barang atau tempat penyimpanan barang hasil kejahatan.

 
Nyaman di genggam

Pelacakan ( Tracking )

Pencarian jejak pelaku juga dilakukan dengan memanfaatkan media informasi yang ada. Salah satu yang dilakukan adalah mencari media sosial apa saja yang dimiliki pelaku kemudian mulai memperhatikan aktivitas pelaku di media sosial yang dimilikinya. Pada kegiatan pelacakan ( tracking ) ini biasanya polisi juga akan bekerja sama dengan interpol, pengadilan/Lembaga/badan/komisi/instansi terkait. Oh iya, pelacakan ini juga sering kali dilakukan untuk mengetahui aliran dana yang diduga merupakan hasil kejahatan.


Penyamaran ( Penyamaran )

Bisa dikatakan ini adalah kegiatan “menyusup” ke lingkungan tertentu atau menyatu dengan kelompok tertentu untuk memperoleh informasi. Pada pengusutan kasus peredaran narkoba, teknik penyamaran inilah yang biasa digunakan.

Penelitian dan Analisis Dokumen

Ini dilakukan untuk kasus-kasus tertentu. Caranya adalah dengan menganalisis dan meneliti dokumen yang diperoleh guna Menyusun anatomi tindak pidana dan modus operandinya.

Banyak ya yang dilakukan untuk mendapatkan bukti yang cukup untuk mengungkap suatu tindak pidana. Setelah bukti-bukti terkumpul pun masih banyak tahapan yang harus dilakukan hingga terungkap kejelasannya dari peristiwa tindak pidana.

Pantas saja jika mengungkap suatu kasus terkadang membutuhkan waktu yang tidak cukup sehari selesai. Ada proses dan alur yang harus dilalui supaya sesuai dengan aturan hukum yang berlaku dan tentunya tidak melawan hak masyarakat untuk mendapatkan kebenaran dari sebuah kasus pidana.


Gawai Seperti Apa Yang Sesuai?

Tetap Bergaya


Semua kegiatan yang dilakukan oleh penyidik ​​​​kepolisian diatas, tak lepas dari penggunaan gawai. Itulah kenapa pada saat menyaksikan acara launching Zenfone 9 , smartphone terbaru besutan ASUS, tanggal 17 November 2022 lalu langsung terbersit dalam pemikiran saya bahwa gawai ini akan sangat bermanfaat bagi pekerja profesional seperti suami saya, yang merupakan sebuah kepolisian.

Mengapa saya pada kesimpulan demikian? Ya, menurut saya bagi pekerja yang banyak bekerja di luar ruangan dengan aktivitas padat dan harus cepat serta menggunakan gawai sebagai perangkat penting dalam melakukan pekerjaannya untuk merekam video, memotret serta menyimpan berbagai data tentu memerlukan gawai dengan kemampuan kamera yang hebat, kapasitas RAM yang mencukupi, tidak cepat panas, baterai yang tahan lama, serta bentuk dan ukuran gawai yang mendukung untuk beraktivitas cepat.

Tagline- nya “ Compact Size Big Possibility” mengungkapkan seberapa besar ponsel ini dengan ukurannya yang ringkas namun mampu menawarkan banyak peluang dan kesempatan. Mau tahu apa saja?Bagaimana tidak, banyak kelebihan yang disematkan dalam gawai ini.Yuk coba baca sederet keunggulan yang dimiliki Zenfone 9 berikut ini.

Sederet Kelebihan Zenfone 9 Yang Membuatnya Pantas Jadi Pilihan

Yuk mari baca deretan kelebihan Zenfone 9 ini, bisa jadi ini adalah gawai yang sangat sesuai dengan kebutuhanmu lho.

Performa Yang Dahsyat di Dukung Prosesor Flagship Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform

Memilih gawai tentu kita tidak akan asal-asalan ya, apalagi gawai yang akan digunakan sebagai media untuk mendukung aktifitas dan pekerjaan. Nah, Zenfone 9 adalah gawai berprosesor flagship Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform yang membuat performanya lebih smooth dan responsif.

Dibandingkan pendahulunya, All-new Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform menawarkan CPU clock speed yang tinggi hingga 3,2 GHz, menghasilkan performa CPU dan GPU 10% lebih tinggi namun dengan efisiensi CPU 30% dibandingkan Snapdragon 8 Gen 1. Untuk meminimalkan potensi bottleneck, Zenfone 9 dilengkapi LPDDR5 RAM hingga 16GB dan penyimpanan UFS3.1.

Selain performa yang mumpuni karena ditenagai oleh prosesor flagship Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform, di dalamnya juga masih terdapat banyak keunggulan yaitu :
  • Teknologi cooling system yang sudah diciptakan dengan vapor chamber berteknologi tinggi dan fitur penyebaran panas membuat ponsel ini dengan performa yang sangat kuat namun akan tetap adem dan kenaikan suhunya tidak akan berlebihan.
  • Multiple-antenna setup di dalam ponsel ini sudah berteknologi HyperFusion untuk menyajikan konektifitas simultan antara Wi-Fi dan seluler, yang mengarahkan pengguna ke koneksi dengan sinyal terbaik sehingga mendukung konektivitas Wi-Fi 6E yang lebih stabil dan cepat bahkan saat ramai sekalipun.
  • Baterai berkapasitas 4300mAh, lebih besar dibandingkan Zenfone 8, yang ditujukan untuk penggunaan yang lebih lama, bisa sampai seharian lebih.
  • Dibekali aplikasi Game Genie untuk meningkatkan pengalaman bermain game. Dashboard Game Genie versi terbaru di ZenUI 9 menyajikan pengalaman gaming seperti yang bisa dinikmati pengguna di ponsel gaming ROG Phone 6.
Ukuran Kompak


Desain Kompak Serta Pengoperasian yang Lebih Mudah

Ponsel yang ringkas, begitu kira-kira yang akan terlintas di tangan kita ketika mengetahui bahwa zenfone 9 ini dirancang dengan layar 5,9 inci dengan panjang kurang dari 14,8cm dan lebar kurang dari 7 cm sehingga bisa digenggam satu tangan dan muat di saku.

Tak hanya nyaman dalam genggaman, penggunanya pun dapat melakukan kontrol dengan cepat dan mudah hanya dengan menggunakan satu tangan karena Zenfone 9 dilengkapi dengan tombol multifungsi Zen Touch pada satu bagian sisinya.

Dengan adanya Zen Touch ini kita dapat melakukan satu sentuhan untuk membuka sensor sidik jari serta mengakses berbagai fungsi seperti beralih dari suara ke teks, membuka notifikasi, menelusur halaman internet, dan lainnya hanya dengan menggesekkan jari ibu ke atas atau ke bawah, atau melukis dua kali .

Selain itu pada ponsel pintar ini juga terdapat ASUS ZenUI9 yang akan semakin memudahkan kita mengoperasikan ponsel ini bahkan dengan satu tangan. Nah, caranya adalah dengan ketukan dua kali pada bagian belakang Zenfone 9. Dengan cara ini kita akan langsung dapat menscreenshoot layar, membuka kamera, mengatur cahaya kamera, mengaktifkan menu perekaman suara, membuka google assistant, mengontrol media pemutar lagu atau video, dan membesarkan atau memperkecil tampilan objek yang akan direkam.

Selain desain yang compact dan kemudahan dalam mengaksesnya, Zenfone 9 pun dirancang dengan tampilan yang sangat stylish. Ada empat pilihan warna yaitu MoonLight White, Sunset Red, Starry Blue, dan Midnight Black. Selain warna-warna yang cantik, permukaannya pun juga bertekstur sehingga membuat ponsel ini lebih kukuh dan nyaman digenggam.

Layar Zenfone 9 pun sudah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass Victus yang membuatnya empat kali lebih antigores. Selain itu Zenfone 9 juga bersertifikat IP68 untuk perlindungan terhadap debu dan air.

Perlindungan Terhadap Debu dan Air


Kamera yang Mendukung Fotografi

Zenfone 9 ini menggunakan kamera utama SONY IMX766 yang membuat kita tetap dapat mengambil gambar pada malam hari maupun di tempat yang kurang cahaya (gelap) dengan hasil yang memuaskan.

Diperkuat dengan teknologi 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer yaitu stabilisasi kamera menggunakan gimbal hibrid 6 sumbu yang menjadikan posisi kamera tetap stabil meskipun digunakan dalam kondisi bergerak. Sehingga gambar dan video yang dihasilkan terbebas dari blur dan goncangan.

Fitur Autofocus yang juga tersemat pada kamera milik Zenfone 9 ini menjadikan gerakan objek yang tiba-tiba dan cepat pun tetap dapat terekam dengan jelas dan fokus.

Semua keunggulan yang ada dalam kamera zenfone 9 ini membuat penggunanya dapat merasakan pengalaman memotret maupun merekam video dengan optimal. Hasilnya, objek akan terekam sempurna meskipun dilakukan pada malam hari dan benda bergerak.


Hadir dalam 4 pilihan warna

Audio yang Mengesankan

Untuk memaksimalkan speaker di tubuh smartphone yang ramping ini, ASUS bekerja sama dengan pakar suara dari Swedia di Dirac Research.

Zenfone 9 tidak hanya punya dua speaker linier yang masif dan didukung oleh Qualcomm AqsticTM smart amps, tapi juga dilengkapi dengan jack audio 3.5mm yang menggunakan Qualcomm Aqstic DAC terbaru. Bersama dengan sound tuning dari Dirac, Zenfone 9 memberikan pengalaman audio yang impresif.

Dengan segala teknologi audio yang dimilikinya, Zenfone 9 memiliki suara yang lantang, jernih dan nyaman untuk didengarkan, serta memiliki wind noise reduction yang membuat ponsel ini mampu merekam suara meskipun bukan dalam kondisi yang ideal yang diakibatkan oleh banyaknya gangguan suara bising, seperti suara kendaraan bermotor. ataupun pengering rambut.

Layar Respon Cepat

Layar AMOLED 5,9 inci pada Zenfone 9, panelnya mampu menghasilkan akurasi warna yang tinggi. Selain itu pengguna akan semakin dimanjakan dengan kecepatan responnya yang tinggi untuk pengalaman menikmati berbagai konten dengan visual yang lancar dan mulus.

Dengan format layar 20:9 untuk keseimbangan yang lebih baik antara aktivitas menikmati konten-konten video maupun melakukan browsing internet dan gaming. Berkas multimedia, teks, maupun game, dalam format resolusi tinggi, akan tampak luar biasa di layar ini.

Bagi yang senang menonton film dengan menggunakan handphone, tidak perlu khawatir menggunakan zenfone 9 ini untuk movie marathon, karena layarnya sudah tersertifikasi SGS Eye Care Display untuk emisi blue-light yang lebih rendah sehingga lebih nyaman di mata.

Ciptakan Peluang Lebih Jadi Penyidik ​​Berprestasi Bersama Zenfone 9

Dari paparan panjang tentang pekerjaan sebuah penyelidik dan deretan keunggulan Zenfone 9 diatas, akhirnya saya menemukan satu hubungan yang sangat menarik. Yaitu begitu banyak peluang yang ditawarkan oleh ASUS melalui kecanggihan teknologi. Dan dalam kaitannya dengan pekerjaan suami, saya melihat peluang untuknya bisa menjadi penyelidik profesional yang lebih berprestasi bersama zenfone 9.
 
Penghargaan 2021
Piagam Penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak yang diterima suami di tahun 2021

Terkenang saya pada beberapa penghargaan yang suami terima di tahun 2021 lalu. Rasa bangga menular tak hanya menjadi milik pak suami tercinta, saya pun sebagai istri yang mendampinginya merasakan hal yang sama. Hasil sebuah kerja nyata yang diakui, menjadi sebuah kebahagiaan dan dorongan semangat untuk berbuat lebih banyak lagi.

Selalu tidak mudah menjalani profesinya sebagai penyidik ​​kepolisian, selain tanggung jawab, nyatanya menyelesaikan suatu kasus seringkali membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih. Berhari-hari tidak pulang dan kemudian saat pulang selalu dalam kelelahan yang teramat sudah menjadi keadaan yang biasa baginya, namun bagi saya yang menyaksikannya selalu menjadi sesuatu yang sulit. Rasa khawatir tentu selalu menghampiri ketika suami harus pergi untuk “memburu” pelaku tindak kejahatan.

Sampai pernah saya bertanya kepadanya, “Apa tidak ingin pindah bagian (tidak lagi menjadi penyidik)? Apa tidak lelah terus memikirkan masalah orang lain?”

“Menjadi penyidik ​​adalah passion -ku, aku senang menjalaninya, disana aku bisa membantu banyak orang dan jadi lebih bermanfaat” begitu jawabnya.

Deg, jawaban itu cukup untuk membuat saya berhenti bertanya. Saya merasa tidak berhak untuk memintanya berhenti menjalani kebahagiaannya dan hakikat hidup adalah menjadi bermanfaat bagi sekitar? Seperti kata sebuah pepatah Jawa  Urip Iku Urup.

Urip Iku Urup
Hidup itu Nyala, hidup itu perlombaan memberi manfaat bagi orang lain di sekitar kita, semakin besar manfaat yang bisa kita berikan tentu akan lebih baik.

Jadi, Menyalalah dengan terang!


Harga dan Spesifikasi ASUS Zenfone 9

ASUS Zenfone 9 dipasarkan dalam 3 varian dengan harga berbeda. Varian pertama dengan RAM 6 GB dan ruang penyimpanan 128 GB dengan harga Rp.7.999.000 dalam empat warna pilihan; Midnight Black, Moonlight White, Sunset Red, dan Starry Blue. Varian kedua dengan RAM 8 GB dan ruang penyimpanan 256 GB dengan harga Rp9.999.000 dalam dua pilihan warna; Midnight Black dan Moonlight White. Serta varian ketiga dengan RAM 16 GB dan ruang penyimpanan 256 GB dengan harga RP.11.999.000 dalam satu warna, Midnight Black.

Varian 6GB/128GB dan 16GB/256GB tersedia mulai tanggal 17 November 2022. Sedangkan varian 8GB/256GB akan tersedia pada akhir Desember 2022. Buat kalian yang mau membeli Zenfone 9, sudah bisa kalian dapatkan melalui partner dan channel pembelian resmi produk ASUS antara lain Erafone, Tokopedia,

Zenfone 9

Toko Eksklusif ASUS , Toko Online ASUS. ASUS menyediakan beragam promo untuk pembelian Zenfone 9 ini, tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku pada masing-masing store diatas ya. Berikut rangkuman beberapa promo yang ditawarkan Spesial untuk pembelian Zenfone 9 varian 6GB/128GB:




  • Terdapat cashback mulai dari Rp300.000*
  • Tambahan cashback dari bank tertentu senilai Rp350.000*
  • Promo tukar tambah yang hanya tersedia di ERAFONE *
  • Tambahan cashback dari bank atau Gopay Coins atau Trade-in mulai dari Rp350.000 yang tersedia hanya di Tokopedia *
Spesial untuk pembelian Zenfone 9 varian 16GB/256GB:
  • Cashback senilai Rp 500.000 *
  • Gratis tas Smart Backpack Mount Casing senilai Rp1.000.000*
  • Tambahan cashback dari bank tertentu senilai Rp500.000*
  • Promo tukar tambah yang hanya tersedia di ERAFONE*
  • Cashback tambahan dari bank atau Gopay Coins mulai dari Rp500.000 yang tersedia hanya di Tokopedia*
(*Syarat dan ketentuan berlaku, informasi lebih lanjut dapat mengunjungi mitra terkait)

Nah, bagi kalian yang membutuhkan smartphone ringkas namun tetap bertenaga dan stylish , ASUS Zenfone 9 patut untuk menjadi pilihannya.

Spesifikasi ASUS Zenfone 9 seperti di bawah ini :

Warna

Hitam Tengah Malam

Cahaya Bulan Putih

Matahari Terbenam Merah

Biru Berbintang

Layar

5,9" 1080x2400 (20:9), 445 ppi

Layar Samsung AMOLED 120 Hz 

112% DCI-P3, 151% sRGB, Delta E<1, HDR10+

CPU dan GPU

Platform Seluler Snapdragon ® 8+ Gen 1

Kecepatan clock CPU hingga 3,2 GHz dengan GPU Qualcomm® Adreno 730

Memori &
penyimpanan

RAM: 6/8/16 GB – LPDDR5

ROM: 128 / 256 GB – UFS 3.1

Baterai 

Baterai berkapasitas tinggi 4300 mAh dengan adaptor HyperCharge 30W

Teknologi Nirkabel 

WiFi 6E Qualcomm® WCN6856 (802.11a/b/g/n/ac/ax, 2x2 MIMO) 

Bluetooth ® 5.2 dengan dukungan untuk Snapdragon Sound™ dan Qualcomm ® aptX Adaptive, aptX Lossless 

Wi-Fi Langsung

NFC

Kamera

Kamera belakang

Sensor Sony ® IMX766  50 MP dengan Gimbal OIS, 2x2 OCL, PDAF

Sensor Sony ® IMX363 12 MP , Dual PDAF

Kamera depan

Sensor Sony ® IMX663 12 MP , Dual PDAF

Fitur-fitur

Penstabil Gimbal Hibrid 6 Sumbu

Mode Jejak Cahaya (Beta)

Mendukung perekaman video 8K/4K

Rekaman Audio HDR

Audio

Speaker stereo ganda dengan amplifier Qualcomm®

Colokan headphone 3,5 mm dengan Qualcomm Aqstic WCD9380

Pengoptimalan audio oleh Dirac

Video musik

Video 8K UHD (7680 x 4320) pada 24 fps + EIS

Video 4K UHD (3840 x 2160) pada 30 / 60 fps + EIS

Perekaman video FHD 1080p pada 30/60 fps + HyperSteady

Sensor 

Akselerator, Kompas E, Kedekatan, Sensor cahaya sekitar, sensor sidik jari, Gyro (mendukung ARCore), Sensor Hall

kartu SIM

NANO SIM/NANO SIM 2 pilih 2, dukung DSDV 5G+5G (sim1, sim2 mendukung LTE yang dapat ditukar)

Navigasi

GNSS mendukung GPS (L1/L5), Glonass (L1), Galileo (E1/E5a), BeiDou (B1/B2a), QZSS (L1/L5) dan NavIC (L5)

Sistem operasi

Android 12 dengan ASUS ZenUI 9

Dimensi

146,5 x 68,1 x 9,1 mm

Bobot

169g

 

Catatan Akhir


Artikel ini diikut sertakan dalam ASUS Zenfone 9 Blog Writing Competition di  Blog Widyanti Yuliandari


Rujukan Tulisan dan Gambar


https://www.asus.com/id/mobile/phones/zenfone/zenfone-9/

https://www.widyantiyuliandari.com/2022/11/10/zenfone-9-blog-writing-competition/

File dari penyelenggara lomba

https://ntb.polri.go.id/wp-content/uploads/2018/02/perkap-nomor-14-tahun-2012-tentang-manajemen-penyidikan-tindak-pidana-1.pdf

 

 









Related Posts

13 komentar

  1. Wow keren banget...dengan HP spek keren begitu bisa membantu mengamankan bukti penyelidikan...seruuu banget ya..memang sesuai dengan kualitas yang dibutuhkan

    BalasHapus
  2. Keren banget ya mbak spesifikasinya bantu memudahkan pekerjaan suami sebagai penyidik 🤗 selamat juga dapat penghargaan mbak, perjalanan yg gak mudah pasti bangga sekali yaa mbak 🤗

    BalasHapus
  3. Spesifikasinya nggak main2 ya, tp harganya masih lumayan tinggi. Artikel ini lengkap bgt infonya. Jadi paham juga soal pekerjaan sbg penyidik kepolisian.

    BalasHapus
  4. Hey Ibuk bayangkari!! Semangat ya mendamping suamik! Boleh lah suaminya dikasih hadiah Zenfone 9 ya dari istri hihi. Hape canggih yang bisa rekam jernih sambil lari. Cocok nih buat penyidik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo mba! Iya nih pengen bgt menghadiahi zenfone 9😍

      Hapus
  5. Punya zenfone tapi keluaran tahun 2014. Tahu deh tuh Zenfone berapa. Soalnya dah di musiumkan tiga tahun yang lalu. Cuma baterenya aja yang ngedrop. Tapi emang keren sih, zenfone.

    BalasHapus
  6. Buat gadget yang fiturnya sekeren itu, emang nggak kaleng-kaleng ya, meski harganya memang sebanding lah dengan speknya.
    Mudah-mudahan bisa beliin ini ya biar kerja suami makin mantul

    BalasHapus
  7. Zenfone memang keren nih sampai bisa mendukung penyidik untuk merekam barang bukti dan mengolah data yang dikumpulkan
    sukses untuk pak suami ya mbak, sabar mendampingi beliau juga ya mbak

    BalasHapus
  8. Asus keren, terus mengeluarkan produk baru dengan berbagai spesifikasi modern, canggih dan harga bersaing.

    BalasHapus
  9. Wah kak, POV nya keren nih. Malah jadi tahu tentang step penyelidikan juga nih ^^ Semoga bisa nyicip Zenfon 9 ini ya, kayanya cocok untuk yang sat set tanpa ribet.

    BalasHapus

Posting Komentar