myidaayu.com

Membiasakan Anak Suka Membaca, Yuk Mulai Dari Usia Dini!

Posting Komentar
Assalamu’alaikum….

Sobat Readers, adakah yang saat ini sedang berusaha untuk membiasakan anak suka membaca? Jika jawabanmu iya, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat ya bagi kalian! Dewasa ini kegiatan membaca buku sudah mulai tergeser perannya oleh pesatnya perkembangan teknologi. Semua informasi bisa kita dapatkan hanya dengan menggunakan handphone.

membiasakan anak suka membaca

 

Betul, tidak ada yang salah dengan semua itu, informasi boleh saja kita dapatkan dari berbagai media. Namun yang menjadi pertanyaan adalah benarkah kita dan anak-anak kita telah memanfaatkan tehnologi ini sebaik mungkin untuk memperoleh wawasan baru atau justru seringkali kita hanya sibuk menggunakannya untuk berselancar di social media?

Alangkah baiknya jika perkembangan tehnologi yang pesat ini diimbangi dengan kebiasaan suka membaca. Namun, tahukah Sobat Readers bahwa kegemaran membaca pada anak tidak akan muncul begitu saja. Perlu dukungan serta peran orang tua untuk memunculkan kebiasaan baik ini.

Membaca Dimulai Dari Usia Dini

Banyak orang tua yang bertanya-tanya kapan hendaknya anak mulai dibiasakan membaca?
Melansir dari LIPI Press, Kebiasaan membaca dapat dimulai sejak usia dini karena anak usia ini memiliki begitu banyak keistimewaan. Pada masa ini anak-anak sedang berada di tahap perkembangan fisik dan psikologis yang sangat pesat. Usia perkembangan anak pada masa ini disebut juga sebagai usia emas (golden age) yang dimulai sejak usia lahir hingga usia enam tahun.
Mulai dari usia dini, orang tua sudah bisa mulai mengenalkan kebiasaan membaca dengan cara yang menyenangkan. Banyak buku-buku yang dibuat khusus untuk anak-anak, bahkan untuk bayi. Soft book adalah salah satu contoh buku yang dirancang khusus untuk bayi, dengan menggunakan bahan lembut dan ada juga yang menyertakan mainan berbunyi di dalamnya untuk merangsang minat bayi pada buku.

Lalu bagaimana caranya anak-anak usia dini bisa terbiasa membaca sementara mereka saja belum bisa membaca? Begitu kira-kira pertanyaan yang akan muncul dibenak para orang tua. Yups, orang tua dapat memulainya dengan membacakan buku untuk anak-anak mereka.

Kegiatan membaca adalah aktivitas bertahap yang perlu terus dikembangkan selama masa tumbuh kembang anak. Membaca disini berarti, ayah dan ibu memiliki peran penting dalam membersamai dan membimbing anak-anak dalam kegiatan membaca buku. Pilihkan buku yang sesuai dengan perkembangan usia anak dan mulai dengan membacakannya.

Manfaat Membiasakan Anak Suka Membaca Sejak Dini

cara agar anak suka buku



Memiliki anak yang gemar membaca tentu menjadi harapan semua orang tua. Membaca memberi banyak sekali manfaat termasuk ketika itu dilakukan oleh anak-anak. Jadi apa saja manfaat membiasakan anak suka membaca sejak dini, lanjut simak ya!

1. Hubungan bonding yang baik

Ketika orang tua membacakan buku untuk anaknya maka ikatan antara anak dan orang tua pun akan terbangun. Melalui membacakan buku ini orang tua dapat mengajarkan kepada anaknya tentang aturan, aspek serta nilai moral kehidupan. Orang tua pun dapat menggunakannya sebagai sarana menasehati yang efektif. Ini semua akan mendukung hubungan orang tua dan anak yang semakin solid.

2. Meningkatkan kemampuan kognitif

Buku yang terdiri dari rangkaian huruf, kata, angka, warna, bentuk dan gambar dapat mengaktifkan bagian otak yang memproses kata dan membentuk makna. Sehingga akan mempengaruhi cara anak berbicara, memecahkan masalah, menulis serta bagaimana mereka berpikir logis. Ini semua sangat penting dalam membantu anak bersosialisasi saat mereka beranjak dewasa.

3. Mengasah keterampilan berbahasa dan komunikasi

Kebiasaan orang tua membacakan buku untuk anaknya sangat berpengaruh pada jumlah kosa kata yang dimiliki anak pada usia dini. Semakin banyak buku yang dibacakan, maka anak akan semakin banyak menyerap kata-kata baru yang berasal dari buku bacaan tersebut. Hal ini akan mempengaruhi kemampuan mereka berkomunikasi. Anak-anak yang mampu berkomunikasi dengan baik akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

4. Mengembangkan imajinasi dan kreativitas

Saat dibacakan buku, otak anak diajak untuk membayangkan tempat, waktu, benda, karakter tokoh cerita dan bahkan emosinya sehingga dapat melatih daya imajinasi dan kreativitas anak. Kreativitas sangat penting untuk mengembangkan minat dan ide serta membantu anak mengelola emosi kelak ketika dewasa.

5. Melatih keterampilan mendengarkan dan konsentrasi

Keterampilan mendengarkan adalah sesuatu yang harus dimiliki anak-anak sebelum mereka mampu membaca sendiri. Membacakan buku dapat melatih anak untuk mau mendengarkan. Mereka akan berusaha berkonsentrasi untuk dapat memahami isi bacaan. Kemampuan konsentrasi ini akan sangat berguna kelak ketika anak sekolah.

6. Membantu terhubung dengan dunia luar

Anak dapat mengetahui apa yang ada di dunia luar tanpa beranjak dari rumah dengan membaca. Dengan kegiatan ini anak dapat memiliki pengalaman-pengalaman yang luar biasa seperti mengetahui informasi-informasi tentang negara lain, perkembangan teknologi, dan lain sebagainya.

Cara Membiasakan Anak Suka Membaca Sejak Dini

membiasakan membaca



Setelah mengetahui manfaat membaca bagi anak, pasti Sobat Readers semakin tidak sabar ya untuk bisa membiasakan anak suka membaca. Nah, beberapa cara ini bisa Sobat Readers coba lakukan ya!

  • Mulai dengan buku yang menarik minatnya

Bagi anak-anak tentu buku yang bergambar dan minim tulisan akan sangat menarik perhatiannya. Nah, buku-buku seperti ini dapat kita berikan kepada anak untuk menumbuhkan minat anak pada buku. Setelah itu mulai bacakan cerita buku tersebut untuknya.

  • Atur waktu membaca Bersama

Anak-anak selalu suka jika dibacakan cerita oleh orang tuanya. Oleh karena itu atur waktu untuk bisa membaca bersama si kecil. Contohnya dengan membiasakan membacakan buku untuk mereka pada malam hari ketika akan tidur.

  • Memberi contoh

Ini adalah salah satu cara yang efektif untuk bisa membiasakan anak suka membaca. Anak adalah peniru ulung, ketika dia sering melihat orang tuanya membaca maka dia pun akan berusaha mencontohnya.

  • Membaca untuk bersenang-senang

Jangan menjadikan membaca hanya sebagai sarana mengerjakan tugas bagi anak-anak karena ini akan memberi kesan bahwa membaca adalah beban. Ajak anak menikmati waktu membacanya. Bebaskan anak memilih buku yang mereka suka, tentu tetap dalam pengawasan orang tua sehingga buku yang dibaca pun sesuai dengan usia mereka.

  • Beri kemudahan bagi anak mengakses buku

Akan menyenangkan sekali jika anak memiliki ruang bacanya sendiri yang ditata sesuai keinginan mereka. Ini akan membuat anak betah berlama-lama membaca bukunya. Selain itu juga berikan kemudahan untuk anak dalam mengakses buku. Selain di ruang baca, kita dapat menyediakan buku di banyak tempat di rumah seperti di ruang tamu atau kamar tidur anak sehingga mereka akan mudah menjangkaunya.

  • Mengajak ke perpustakaan dan toko buku


Perpustakaan dan toko buku pun dapat menjadi tempat yang menyenangkan untuk kita datangi bersama anak-anak selain tempat wisata edukasi. Disana kita dapat menunjukkan pada anak bahwa terdapat banyak buku yang menarik. Biarkan mereka memilih buku bacaan mereka. Ini akan memunculkan rasa penasarannya pada buku dan memunculkan minat baca anak.

  • Jadikan buku sebagai hadiah

Tidak ada salahnya menjadikan buku sebagai sebuah hadiah bagi anak kita. Dengan begitu mereka akan merasa bahwa buku juga istimewa seperti barang hadiah lainnya.

membaca buku

 

Nah mudah sekali bukan Sobat Readers cara membiasakan anak suka membaca buku. Sobat Readers bisa langsung mencobanya ya! Semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan jika kalian memiliki cara lain yang bisa aku coba juga boleh tuliskan di kolom komentar ya!



Sumber :

https://www.parenting.co.id/balita/10-manfaat-membacakan-buku-untuk-anak-sejak-dini

https://www.gramedia.com/blog/tips-jitu-dan-ampuh-agar-anak-suka-membaca/

https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/tips-supaya-anak-gemar-membaca

https://www.parenting.co.id/balita/10-manfaat-membacakan-buku-untuk-anak-sejak-dini

Related Posts

Posting Komentar