myidaayu.com

Lomba Kolase Anak TK, Asah Kreativitasmu!

8 komentar
Assalamu’alaikum…

Tanggal 24 Agustus 2022 nanti akan diadakan lomba kolase anak TK di tempat anakku bersekolah. Alula sangat bersemangat mengetahui akan diadakannya lomba ini di sekolahnya. Peserta dari lomba adalah siswa/siswi dan orang tua murid (berpasangan).

lomba kolase

 

Ini akan menjadi pengalaman pertama bagiku dalam mendampingi Alula berlomba, karena itulah aku pun merasa cukup excited. Aku penasaran seperti apa kira-kira lomba kolase untuk anak-anak usia 4-6 tahun itu akan berlangsung. Karenanya aku pun mencoba mencari informasi sebagai referensi untukku mempersiapkan diri. Nah, barangkali ada diantara Sobat Readers yang juga sedang mencari informasi tentang kolase, bisa simak ulasanku ya!

Apa Itu Kolase

Melansir dari detik.com, kolase adalah kreasi atau karya seni dua dimensi yang dibuat dengan cara menggabungkan atau menempel potongan, pecahan, atau kepingan bahan pada sebuah gambar sehingga menghasilkan bentuk yang baru.

lomba kolase itu apa

Adapun bahan yang dapat digunakan untuk membuat kolase diantaranya adalah :

1. Serutan kayu

Serutan kayu yang telah dikeringkan dapat digunakan sebagai bahan membuat kolase. Warna kayu yang telah mengering diharapkan tidak akan mudah luntur. Untuk membuat kolase, serutan kayu dapat dipotong sesuai kebutuhan kemudian baru ditempel.

2. Batu

Sobat Readers pernah melihat batu akik? Memiliki warna yang beragam, batu akik dapat dijadikan sebagai salah satu bahan membuat kolase yang indah.

3. Logam

Logam bekas yang mudah ditemukan pun dapat dibuat kolase, diantaranya adalah kuningan, seng, dan alumunium. Untuk pengaplikasiannya plat logam dapat dipotong-potong sesuai keinginan baru kemudian ditempel pada media dasar kolase.

4. Keramik

Jika memiliki banyak potongan atau pecahan keramik sisa pembangunan, Sobat Readers dapat menyulapnya menjadi karya seni kolase yang indah lho. Keramik biasanya memiliki banyak warna dan motif, Menyusun potongan-potongan keramik menjadi bentuk tertentu pasti akan sangat menyenangkan.

5. Tempurung/bathok kelapa

Tempurung/bathok kelapa yang telah dibersihkan dari serat sabut dan permukaanny diamplas bisa digunakan juga untuk membuat kolase. Untuk membentuk polanya tempurung dapat dipotong-potong dengan menggunakan gergaji besi.

6. Biji-bijian

Kolase dengan bahan biji-bijian tentu sudah tidak asing ya. Beragam jenis, bentuk, ukuran, warna, dan tekstur biji-bijian dapat digunakan. Sebelum digunakan biji-bijian sebaiknya dikeringkan sehingga warnanya tidak akan berubah dan menyusut lagi.

7. Daun Kering

Daun yang sudah gugur dan mengering dapat kita jadikan sebuah lukisan yang lebih menarik dengan cara menyusunnya. Kita dapat memilih daun kering dengan warna serta bentuk yang berbeda untuk membuatnya.

8. Kulit-kulitan

Kulit-kulitan yang dapat digunakan untuk membuat kolase ini adalah kulit buah dan kulit batang tumbuh-tumbuhan. Namun tidak semua kulit dari sembarang buah dan tumbuhan dapat digunakan ya. Kulit buah yang biasa digunakan antara lain kulit salak, kulit kacang tanah, kulit jeruk, serta kulit rambutan. Untuk kulit batang tumbuhan biasanya adalah kulit rambutan, kulit pisang, dan kelopak bambu. Semua bahan harus di keringkan dan dipotong-potong terlebih dahulu sebelum digunakan.

9. Kertas bekas

Kertas bekas yang memiliki aneka warna dapat kita gunakan untuk membuat kolase. Cukup dengan memotong-motong kertas bekas ini dan kemudian menempelkannya pada media dasar kolase yang digunakan.

 kolase dari batu

Wah banyak sekali ya Sobat Readers bahan yang dapat dipergunakan untuk membuat kolase. Pantas saja jika seni kolase ini di klaim dapat digunakan sebagai sarana daur ulang sampah. Kebayang ga sih kerennya hasil karya kolase ini, dari bahan yang tidak begitu bernilai dapat disulap menjadi karya seni yang aesthetic. Tentunya diperlukan kreatifitas yang tinggi ya untuk membuatnya.

Nah, untuk lomba kolase anak Tk yang akan di ikuti Alula di sekolahnya bahan yang akan digunakan adalah kertas origami, bukan menggunakan bahan yang aku sebutkan diatas ya. Mengingat ini adalah lomba untuk anak yang notabene masih diusia antara 4-6 tahun, kertas origami tentu lebih mudah mereka gunakan. Namun aku yakin ini tidak akan mengurangi manfaat dari kegitan membuat kolase ini bagi anak-anak.

Manfaat Membuat Kolase Untuk Anak

Anak-anak selalu menyukai kegiatan yang dinamis dan banyak merangsang motorik mereka, termasuk kegiatan menggunting dan menempel potongan-potongan kertas, kain perca dan material lain lain yang terdapat disekitar mereka.-theasianparent.com-
Selain merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak, kolase juga memiliki manfaat antara lain :

1. Melatih motorik halus anak


Pada kegiatan membuat kolase ini anak menggunakan keterampilan jari-jarinya untuk memotong dan menempel. Kegiatan ini menggunakan kemampuan menggerakkan jari-jari tangan sehingga sangat baik untuk melatih motorik halus anak.

2. Melatih konsentrasi

Secara umum kolase adalah teknik menggabung beberapa objek menjadi satu. Tidak hanya asal jadi, namun objek –objek itu harus mampu bercerita untuk menciptakan kesan tertentu. Oleh karena itu diperlukan konsentrasi yang tinggi saat membuatnya. Saat membuat kolase anak dilatih untuk bisa berkonsentrasi sehingga dapat berhasil menyusun kolase menjadi bentuk yang sempurna.

3. Melatih kesabaran dan ketekunan

Menyusun bahan menjadi pola yang lengkap membutuhkan kesabaran untuk menyelesaikannya. Anak-anak akan berlatih kesabaran saat membuat kolase. Mereka harus menggunting dan menempel dengan tidak terburu-buru supaya berhasil membuat karya kolase yang indah.

4. Meningkatkan kreativitas anak

Tahukah Sobat Readers bahwa membuat kolase dapat melatih kreativitas anak? Ketika membuat kolase anak harus menyusun bahan-bahan dengan menggunakan kreativitas mereka. Kegiatan ini juga melatih anak mengenal bentuk dan warna.

5. Meningkatkan kepercayaan diri

Melalui kegiatan kolase ini anak diajak untuk menunjukkan hasil karyanya dengan percaya diri.

Langkah-Langkah Membuat Kolase

Adapun langkah-langkah saat kita mengajak anak membuat kolase adalah sebagai berikut :


Memikirkan konsep kolase

Kita dapat mengawali dengan memikirkan konsep kolase yang akan kita buat. Ajak anak berpikir kreatif dan berimajinasi akan membuat kolase dengan bentuk seperti apa serta bahan apa saja yang akan digunakan.


Memilih latar yang tepat

Kolase adalah beberapa benda yang ditempelkan pada latar, oleh karena itu kita perlu memilih latar yang sesuai dengan bahan-bahan yang akan kita tempel. Permukaan atau latar yang dapat digunakan untuk membuat kolase dapat berupa kayu, plastik, kertas, kaca, keramik, gerabah, karton dan sebagainya.

Menyiapkan bahan dan alat

Setelah kita mendesain konsep kolase dan memilih latar yang akan digunakan, maka kemudian segera siapkan bahan dan alat yang akan digunakan untuk membuatnya. Jika kita mengajak anak dalam membuat kolase maka pastikan bahan dan alat yang digunakan aman.

Mulai membuat kolase dan membiarkannya mengering

Tempel bahan ke permukaan latar yang telah disediakan dengan menggunakan lem sesuai konsep yang telah direncanakan. Setelah selesai menempel semua bahan kemudian biarkan kolase mengering. Usahakan untuk tidak terlalu sering menyentuh kolase saat lem masih basah sehingga kolase tetap sesuai dengan kreasi awal dan tidak menggeser bahan-bahan yang sudah ditempel.

Tips Persiapan Lomba Kolase Anak TK

Nah setelah tahu apa itu kolase serta langkah-langkah membuatnya, aku ingin berbagi tips ala myidaayu.com sebagai persiapan menghadapi lomba kolase anak TK ya Sobat Readers. Apa sajakah itu, langsung lanjut baca ya..

lomba kolase anak


  • Komunikasikan ke anak tentang lomba kolase. Informasikan pada anak apa itu kolase dan apa yang akan mereka lakukan di lomba itu. Beri tahu mereka kapan waktu dan tempat pelaksanaannya juga.
  • Persiapkan semua bahan dan alat yang akan digunakan.
  • Ajak anak praktek membuat kolase di rumah dengan cara yang menyenangkan sebelum waktu lomba tiba.
  • Jangan membebankan kemenangan pada anak, biarkan mereka menikmati belajar dan melatih diri melalui lomba kolase tersebut.
Membuat kolase ini kegiatan yang menarik sekali ya untuk dilakukan bersama anak. Banyak manfaat yang akan anak dapatkan dan bisa jadi sarana healing juga untuk orang tuanya, hehe. Nah, untuk kalian yang juga sedang mempersiapkan lomba kolase anak TK sepertiku semoga tips dariku dapat bermanfaat ya. Selamat mencoba dan have fun!
 

Sumber :

https://www.gramedia.com/literasi/kolase-adalah/

https://www.radarjateng.com/2021/10/13/manfaat-kegiatan-kolase-untuk-anak-usia-dini/

https://id.theasianparent.com/9-manfaat-kolase-bagi-anak

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5856755/pengertian-kolase-dan-langkah-membuatnya


Related Posts

8 komentar

  1. habis bikin kolase, biji-bijian bertebaran dimana-mana ya mba... ternyata banyak juga manfaatnya...

    BalasHapus
  2. Jadi inget dulu aku juga pernah bikin kolase waktu kecil. Tapi dari hasil serutan kayu wkwkwk. Semangat yaa Alula, lakukan yg terbaik 🤗

    BalasHapus
  3. Aku jadi pengen nyoba2 beginian heheh

    BalasHapus
  4. Cakep banget hasilnya mbakkk

    BalasHapus

Posting Komentar