myidaayu.com

Karakter Dalam Film Extraordinary Attorney Woo, Siapa Favoritmu?

3 komentar
Assalamu’alaikum…

Halo Sobat Readers, apa kabar hari ini??
Adakah kalian yang hobi menonton Drama Korea? Sudah menonton film Extraordinary Attorney Woo belum nih? Aku rasa banyak pelajaran lho yang dapat kita petik dari karakter dalam film Extraordinary Attorney Woo, apakah itu? Yuks simak ulasanku!

Extraordinary Attorney Woo


Sekilas Tentang Extraordinary Attorney Woo

Sobat Readers, jika beberapa waktu yang lalu aku pernah menuliskan review dari drama korea berjudul Link : Eat, Love, Kill yang menceritakan tentang misteri pembunuhan, drama Extraordinary Attorney Woo ini mengisahkan tentang seorang perempuan muda yang memiliki sindrom autisme (Autism Spectrum Disorder) sejak masih kecil. Perempuan ini Bernama Woo Young Woo, dia memiliki kecerdasan dan kemampuan menghafal yang hebat yang membuatnya istimewa. Dan berkat kecerdasannya inilah dia berhasil menjadi pengacara yang pandai menyelesaikan berbagai kasus.

Meskipun dikenal sebagai pribadi yang cerdas dan memiliki ingatan luar biasa namun ASD yang dimilikinya membuat EQ atau kecerdasan emosionalnya sangat kurang. Hal ini membuat Woo Young Woo harus berjuang keras dalam menjalin hubungan komunikasi sehari-hari, baik dengan keluarga, teman, dan rekan kerjanya.

Sekilas tentang Autism Spectrum Disorder (ASD)

tentang ASD

Autism spectrum disorder (ASD) merupakan gangguan perkembangan saraf yang mempengaruhi perkembangan bahasa dan kemampuan anak untuk berkomunikasi, berinteraksi, serta berperilaku. Disebut sebagai spectrum karena gejala dan tingkat keparahannya bervariasi pada tiap penderita. Gangguan yang juga termasuk dalam ASD adalah sindrom Asperger dan gangguan perkembangan pervasive (Pervasive Developmental Disorders=PDD) memiliki gejala dan kondisi yang berbeda.

Menurut WHO, kejadian autisme adalah 1 dari 160 anak di seluruh dunia. Sangat penting untuk mewaspadai gejala atau tanda autisme sedini mungkin. Meskipun autisme tidak bisa disembuhkan, masih terdapat berbagai metode untuk menangani autisme yang bertujuan agar penderita dapat menyesuaikan diri dalam kehidupan sehari-hari.

Setiap anak dengan ASD dapat menunjukkan gejala yang bervariasi dengan tingkat ringan sampai berat, gejala ASD bisa meliputi:

1. Gangguan kemampuan interaksi-sosial

Gangguan kemampuan interaksi-sosial merupakan gejala paling umum yang dihadapi anak dengan ASD, antara lain:
  • Menginjak usia satu tahun, bayi tampak tidak memberi respons saat berinteraksi; seperti tidak menoleh saat namanya dipanggil.
  • Kerap kali menghindari kontak mata.
  • Lebih suka bermain sendiri, tidak mau berbagi dengan orang lain.
  • Minat terbatas pada hal-hal tertentu
  • Sulit mengekspresi emosi atau memahami perasaan orang lain dengan baik.

2. Gangguan keterampilan berkomunikasi

Anak cenderung memiliki keterlambatan keterampilan berkomunikasi. Diperkirakan sekitar 40% anak ASD tidak berbicara (meski tidak bisu). Masalah berkomunikasi ini antara lain:
  • Terlambat bicara, tidak bicara sama sekali
  • Sering mengulangi kata-kata saat berbicara (ekolali)
  • Dapat bicara tetapi aneh ( intonasi/kecepatan suara, bendahara kata tidak banyak, bahasa planet)
  • Kadang jawaban tidak sesuai dengan pertanyaan yang diajukan.
  • Saat berbicara, gerak tubuh kadang tidak mengikuti, misalnya mengucapkan selamat tinggal tanpa melambaikan tangan.
  • Tidak mengerti lelucon yang diutarakan orang lain,..
  • Tidak memahami gerakan, bahasa tubuh (gestures) dan nada suara.
  • Cenderung berbicara banyak mengenai sesuatu yang disukai,
gejala ASD


3. Minat dan perilaku yang tidak biasa

Anak ASD kadang menunjukkan perilaku dan minat yang abnormal (kaku, stereotipik, repetisi):
  • Menyukai bagian tertentu dari suatu objek, seperti roda pada mobil mainan.
  • Sering melakukan gerakan berulang melibatkan satu atau seluruh tubuh..
  • Melakukan kegiatan berulang, seperti mematikan dan menyalakan lampu.
  • Menyukai kegiatan yang berjalan lancar dan rutin, jika tidak sesuai ia marah, kesal, atau menangis.
  • Keterikatan pada objek yang tidak biasa (tali, karet gelang, plester, dan lain-lain)

4. Gejala lain yang mungkin terjadi, seperti:

  • Sangat aktif kadang bertindak tanpa berpikir panjang (impulsif)
  • Mudah marah dan kadang melakukan hal yang bisa melukai diri sendiri
  • Gangguan sensoris (reaksi berlebihan terhadap sentuhan, bau, suara, atau rasa yang dianggap normal oleh orang lain, tidak merasa sakit)
  • Memiliki kebiasaan makan makanan yang tidak biasa, makan tembok, rambut, atau tanah
  • Self stimulation (body rocking, waving, flapping, head banging)
Semua gejala diatas tentu perlu ditegakkan oleh diagnose dokter ya sobat Readers untuk bisa menentukan apakah seseorang benar memiliki Autism Spectrum Disorder (ASD).

Karakter Dalam Film Extraordinary Attorney Woo

Kembali lagi pada bahasan kita tentang film Extraordinary Attorney Woo ya Sobat Readers. Sesuai dengan daily blog planner yang telah aku buat, hari ini aku ingin membahas mengenai karakter dalam film Extraordinary Attorney Woo.

Pemeran dari film ini kebanyakan adalah artis yang sudah dikenal oleh para pecinta drama korea. Beberapa diantaranya adalah artis senior yang sudah tidak diragukan lagi kepiawaiannya memainkan peran. Siapa saja mereka?

Woo Young Woo (Park Eun Bin)

Dalam drama ini karakter utama Woo Young Woo di perankan oleh Park Eun Bin. Woo Young Woo adalah seorang pengacara jenius pengidap sindrom autisme yang memulai kariernya di Firma Hukum Hanbada yang ternama.

Woo Young Woo menghadapi berbagai prasangka di tempat kerjanya. Namun, kecintaannya terhadap hukum dari sejak kecil dan kemampuannya yang spesial, justru membuatnya dapat memecahkan beragam kasus, menangkap detail masalah, serta menemukan celah peraturan yang lolos dari perhatian orang lain.

Dikisahkan dalam film ini bahwa Woo Young Woo yang brillian adalah lulusan dari Universitas Nasional Seoul dengan nilai tertinggi di kelasnya yang bergengsi untuk perguruan tinggi dan sekolah hukum. Terlepas dari itu semua, woo young woo tidak malu untuk mengatakan kepada orang yang ditemuinya bahwa dia memiliki spektrum autisme. Hal ini dilakukan Woo Young Woo agar orang tidak heran ketika melihatnya bertingkah sedikit berbeda dari orang lain umumnya.

Dari karakter Woo Young Woo ini kita dapat belajar bahwa setiap orang berbeda dan memiliki keunggulannya masing-masing. Woo Young Woo yang berbeda namun dia mampu menampilkan sisi terbaik dirinya yang kuat, pantang menyerah dan mau belajar untuk menyesuaikan diri sehingga lingkungannya pun dapat menerimanya.

Lee Jun Ho (Kang Tae Oh)

Karakter Lee Jun Hoo diperankan oleh Kang Tae Oh dan merupakan pemeran utama laki-laki dalam drama ini. Lee Jun Hoo adalah karyawan dari Firma Hukum Hanbada. Lee Jun Hoo digambarkan sebagai sosok yang baik hati, hangat, sangat perhatian dan merupakan laki-laki idola di perusahaan tempatnya bekerja.

Lee Jun Ho (kang Tae Oh)

Diceritakan bahwa Lee Jun Hoo memiliki kisah asmara dengan Woo Young Woo, namun kisah cinta mereka harus menempuh jalan yang tidak mudah dikarenakan pandangan orang terhadap Woo Young Woo yang berbeda serta ASD yang dimiliki Woo Young Woo. Lee Jun Ho harus bisa memahami keadaan Woo Young Woo lebih dalam untuk bisa mengambil hati dan mendapatkan cinta dari sang pengacara.

Sosok Lee Jun Hoo mengajari kita untuk bisa tulus mencintai dan mau menerima perbedaan yang ada pada diri pasangannya. Dia teguh pada pendiriannya serta yakin pada apa yang menjadi pilihannya.

Jung Myeong Seok (Kang Ki Young)

Sosok Jung Myeong Seok diceritakan sebagi seorang pengacara senior yang bekerja Bersama Woo Young Woo. Dia adalah rekan kerja serta pembimbing bagi Woo Young Woo.

Jung Myeong Suk memiliki pandangan yang terbuka serta mau memberi kesempatan kepada juniornya untuk belajar dan berkembang. Sebagai senior dia tidak arogan dan tidak bersikap membeda-bedakan juniornya.

Woo Gwang Ho (Jeon Bae Su)

Dia adalah sosok ayah dari Woo Young Woo. Woo Gwang Ho berperan sebagai ayah tunggal yang tulus dan sangat menyayangi putrinya. Beberapa episode drama ini menceritakan kilas balik tentang masa kecil Woo Young Woo Bersama ayahnya. Ada momen yang memperlihatkan bagaimana seorang ayah mengkhawatirkan keadaan putrinya namun tidak menyerah berusaha untuk memahami anaknya.

Karakter Woo Gwang Ho menggambarkan sosok ayah yang Tangguh. Di sela-sela kekhawatirannya akan perbedaan yang ada pada anaknya dia terus berupaya memahami dan mengarahkan hingga Woo Young Woo dapat berhasil.

Han Seon Young (Baek Ji Won)

Perannya sebagai CEO dari Firma Hukum Hanbada yang selalu bersaing dengan Firma Hukum Taesan memberi kesan bahwa dia mampu melakukan berbagai hal curang untuk mengalahkan lawannya, namun rupanya kesan itu salah. Han Seon Young mampu melihat keunggulan dari karyawannya. Dia tidak menggunakan kelemahan orang lain untuk menjatuhkan lawannya.

Tae Su Mi (Jin Kyung)

Tae Su Mi adalah seorang pengacara sukses sekaligus pemilik Firma Hukum Taesan. Dia merupakan saingan dari Han Seon Young. Tae Su Mi juga adalah ibu kandung dari Woo Young Woo. Dalam drama ini diceritakan bagaimana Tae Su Mi meninggalkan putrinya karena keegoisannya, yang kemudian bertemu kembali dengan Woo Young Woo dengan cara yang tidak disangka-sangka.

Cuplikan Adegan

Choi Su Yeon (Ha Yoon Kyung)

Choi Su Yeon adalah teman kuliah Woo Young Woo yang Kembali dipertemukan di tempat kerja yang sama. dia adalah sosok yang peduli dan suka membantu Woo Young Woo. Choi Su Yeon digambarkan sebagai pribadi hangat yang tidak iri melihat keberhasilan rekan kerjanya. Dia tulus berteman dengan Woo Young Woo, tidak membeda-bedakan dan mau mengakui jika rekannya lebih unggul daripada dirinya.

Kwon Min Woo (Joo Jong Hyuk)

Kwon Min Woo adalah rekan satu kantor Woo Young Woo.Dia juga adalah seorang Pengacara pemula seperti Woo Young Woo. Berkebalikan dengan Choi Su Yeon, Kwon Min Woo selalu meremehkan Woo Young Woo bahkan pernah berusaha untuk menjatuhkannya dengan cara yang licik.

Dong Geurami (Joo Hyung Young)

Penggambaran sosok Dong Geurami sebagai pribadi yang ceria membuat hubungan pertemanannya dengan Woo Young Woo terlihat unik. Dong Geurami memiliki karakter sangat berbeda dengan Woo Young Woo namun bisa menerima perbedaan itu.

Nah demikianlah sekilas penggambaran karakter dalam Film Extraordinary Attorney Woo. Karakter siapa nih menurut Sobat Readers yang paling menarik? Apakah kalian penasaran dengan akhir hubungan Woo Young Woo dengan Lee Jun Hoo? Atau bagaimana hubungan pengacara Woo Young Woo dengan ibu yang telah meninggalkannya? Langsung tonton filmnya yaa dan tulis komentar kalian disini! Semoga bermanfaat ya...

Sumber :
https://id.theasianparent.com/extraordinary-attorney-woo
https://suryakanti.or.id/autisme-pada-anak/#:~:text=Apa%20yang%20dimaksud%20dengan%20Autisme,di%20atas%201%2D3%20tahun.









Related Posts

3 komentar

  1. Wah ini termasuk drakor yg masuk playlistku mbak tpi belum sempet nonton wkwk. Setelah kelas mau nonton ahh 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuuk segera nonton mb, apa iya ga tergoda senyumnya Lee Jun Ho?😂😂
      Tp serius ini film layak tonton c, unik ceritanya

      Hapus
  2. Saya sedang nonton Big Mouth. Sepertinya yang ini juga seru.

    BalasHapus

Posting Komentar