myidaayu.com

Khasiat Kopi Americano, Pecinta Kopi Wajib Tahu!

16 komentar

khasiat kopi americano


Assalamu’alaikum…

Halo Sobat Readers!

Siapa sih yang tidak kenal Kopi Americano? Para pecinta drakor pasti sudah sangat akrab ya dengan salah satu varian kopi hitam ini. Yups salah satu jenis kopi yang sering wara-wiri disebutkan dalam banyak adegan di film korea ini ternyata punya banyak manfaat lho jika dikonsumsi dengan tepat. Sobat Readers tahu ga nih apa saja khasiat kopi americano? Yuk langsung lanjut ke ulasannya dan semoga bermanfaat ya!

Perbedaan Esspresso, Long Black, Americano dan Kopi Tubruk

Apa nih yang pertama kali muncul dibenak Sobat Readers saat mendengar kata kopi hitam? Pasti kopi tubruk yang sering kita lihat dikonsumsi kebanyakan masyarakat Indonesia yaa…

Seiring perkembangan zaman kopi hitam pun bertransformasi menjadi berbagai varian. Para pecinta kopi pasti tahu nih ya, ada Espresso, Long black, Americano dan tentu kopi tubruk. Jadi apa perbedaan dari ke empat ragam kopi yang sama-sama berwarna hitam pekat ini?

Espresso

Espresso adalah minuman yang terbuat hanya dari ekstrak biji kopi murni, tanpa campuran apapun didalamnya. Inilah yang membuat cita rasanya kental dan pahit. Espresso dibuat menggunakan mesin yang menciptakan tekanan pada air panas sehingga dapat mengekstrak biji kopi menjadi minuman bercita rasa sempurna. Tekanan pada air panas ini akan memunculkan karbon dioksida dipermukaan kopi dan menghasilkan krema atau busa keemas an. Nah espresso ini bisa diolah menjadi menu lain, diantaranya cappuccino dan Caffe Latte.

Long Black

long black
Sumber : ottencoffee.co.id


Long black adalah salah satu varian kopi hitam yang merupakan campuran air dengan espresso. Cara membuat Long Black adalah dengan menyiapkan terlebih dahulu air panas kemudian menuangkan espresso ke dalamnya, dan car aini tidak boleh terbalik ya! Pada Long Black sisa krema akan tetap utuh diatas permukaan kopi. Penyajian kopi dengan car aini berasal dari Australia dan selandia Baru.

Americano


Americano berasal dari Amerika. Yang membedakan Americano dengan kopi hitam lainnya adalah cara penyajiannya. Berkebalikan dengan Long Black, saat menyajikan americano kita perlu menyiapkan terlebih dahulu espresso kemudian menambahkan air panas. Cara ini membuat krema hilang dari permukaan kopi karena guyuran air panas menghancurkan krema yang ada pada espresso. Krema pada permukaan inilah yang menjadi perbedaan paling jelas antara americano dan long black. Dari proses penyajian ini tercipta kopi americano yang memiliki rasa tidak terlalu pahit, tidak pekat dan tidak terlalu asam.

Kopi Tubruk

kopi bubuk seduh
Sumber : ottencoffe.co.id


Kopi tubruk ini sangat legendaris ya Sobat Readers di negara kita. Dari nenek moyang sampai kita sendiri pasti mengenal kopi hitam yang satu ini. Cara penyajian kopi tubruk sangat tradisional yaitu dengan mengguyur biji kopi yang sudah digiling (bubuk kopi) menggunakan air mendidih. Dari proses ini tentu akan dihasilkan minuman kopi yang menyisakan ampas. Kebanyakan orang akan mengendapkan ampasnya terlebih dahulu sebelum menikmatinya.

Manfaat Dan Khasiat Kopi Americano

Nah setelah mengenal perbedaan dari berbagai varian kopi hitam ini, lanjut kita bahas ya beberapa manfaat dan khasiat dari kopi Americano.

manfaat kopi americano


1. Menjaga Kesehatan jantung

Ketika kita minum kopi americano terutamanya ketika kita meminumnya tanpa gula ini akan memberikan manfaat bagi jantung kita. Kopi dapat mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Minum kopi secara rutin disinyalir dapat menurunkan resiko terkena stroke dan penyakit jantung, hal ini dikutip dari situs Harvard School Of Public Health.

2. Membantu membersihkan saluran pencernaan

Tahukah sobat riders bahwa kopi adalah salah satu minuman diuretic yang ampuh, efeknya tentu membuat racun dan bakteri yang ada dalam tubuh kita dengan mudah ikut terbuang Bersama feses.

3. Menurunkan berat badan dan menjaga berat badan ideal

Konsumsi kafein mungkin dapat mendukung pemeliharaan dan menurunkan berat badan. Kopi americano memiliki kandungan asam alami yang dapat mengurai kalori dengan cepat sehingga minuman ini cocok ya untuk dijadikan salah satu list minuman untuk diet. Kopi juga membantu membakar lemak di perut dan membantu meningkatkan metabolisme sehingga mempercepat penurunan berat badan.

4. Menjaga Kesehatan otak

Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki efek yang baik pada otak seperti meningkatkan kewaspadaan, membantu konsentrasi, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi resiko depresi. Konsumsi kopi juga dapat mencegah penurunan fungsi kognitif otak, mencegah penyakit Alzheimer dan Parkinson.


5. Menjaga Kesehatan hati

Asupan kopi berpotensi mengurangi jumlah lemak pada hati. Kandungan kimia pada kopi dapat membantu proses detoksifikasi pada kanker hati.

6. Mengurangi resiko kanker

Kandungan kafein pada kopi disebut dapat mengganggu pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. Kopi mengandung sifat anti kanker yang membantu menurunkan resiko kanker kolorektal, kanker hati, kanker endometrium serta kanker mulut dan tenggorokan.

7. Mengurangi resiko batu empedu

Kandungan kafein pada kopi mampu mencegah pembentukan kolesterol yang menyebabkan pembentukan kristal atau batu di kantung empedu. Kandungan tersebut dapat merangsang kontraksi di kantung dan meningkatkan aliran cairan empedu sehingga kolesterol tidak menumpuk.

8. Menjaga mood dan mencegah depresi

Kafein dapat meningkatkan kadar dopamine dalam tubuh, sehingga secara efektif dapat meningkatkan suasana hati. Meminum kopi americano juga menjadi sarana untuk mencegah depresi.

Semua manfaat serta khasiat kopi amerikano diatas tentu akan lebih didapatkan jika kita mengkonsumsinya secara seimbang dan akan lebih baik jika tanpa gula ya sobat Readers!

Efek Konsumsi Berlebih

efek konsumsi kopi berlebih

Kopi americano sangat ampuh untuk membuat kita tidak merasa mengantuk setelah meminumnya. Konsumsi 2-3 cangkir sehari kemungkinan masih aman, namun jika sudah empat hingga lebih sehari beberapa efek negatif konsumsi berlebih mungkin akan muncul. Jadi apa saja nih efek konsumsi kopi americano secara berlebihan?
  • Insomnia yang membuat kurangnya waktu tidur kita.
  • Sering buang air kecil.
  • Efek stimulant dari kafein membuat kita meningkatkan kewaspadaan yang berujung pada rasa gelisah.
  • Denyut jantung menjadi cepat dan irama detak jantung berubah
  • Gangguan pencernaan berupa sering buang air besar karena efek pencahar pada kopi.
  • Caffein withdrawal (efek samping yang muncul Ketika seseorang sudah terbiasa minum kopi kemudian tiba-tiba berhenti, dapat berupa pusing,mual,cepat Lelah atau sulit berkonsentrasi).

Ada banyak kemungkinan konsumsi kopi americano memberi manfaat dan khasiat yang berbeda-beda untuk setiap individu, oleh karena itu berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi tentu akan membuat sobat readers lebih mengenal dampak konsumsi kopi americano pada tubuh masing-masing. Nah dari beberapa manfaat dan khasiat kopi americano yang telah aku sebutkan tadi yang mana nih yang paling Sobat Readers rasakan?  



Sumber :

Related Posts

16 komentar

  1. Sebagai orang yang tak pernah minum kopi, ternyata seru juga ya mengenal berbagai jenis kopi..kadang-kadang serin tergoda sih namun apalah daya perut sering tak bersahabat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya...nah itu salah satu efek konsumsi kopi, mgkn ga cocok&perlu dipertimbangkan ulang kl pgn minum kopi...trimakasih yaa

      Hapus
  2. saya juga tidak pernah meminum kopi. Tapi saya jadi tau mengapa ayah saya suka kpo americano heheh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. SuamiQ jg mb,sukanya americano tp kl ga ada ya kopi tubruk aja jadilaahh...hehe

      Hapus
  3. Wah pas banget kemarin di tempat kerjaan pada bahas kopi, ternyata beda cara penyajian itu beda hasil akhirnya ya :)

    BalasHapus
  4. Aku suka kopi tp turunan dr espresso. Sukanya latte. Kalo americano masih bisa minum tp ngga bisa banyak kayak di drakor² itu. Kopi tubruk sih dasarnya kopi yg suka dikonsumsi.

    BalasHapus
  5. banyak juga manfaat kopi americano yah

    BalasHapus
  6. bukan penikmat kopi mba, pengen sih kali-kali nyobain tapi takut... soalnya abis minum biasanya puyeng.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...lbh baik tidak dipaksakan untuk mengkonsumsinya mb

      Hapus
  7. Dulu sempat kecanduan kopi tapi sekarang sudah ngak begitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah berarti sukaaa bgt ya mb smp kecanduan

      Hapus
  8. Aku suka banget sama kopi. Jadi takut sama efek samping nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika masih dalam jumlah aman gpp sih..

      Hapus

Posting Komentar