myidaayu.com

Cara Memasang Google Analytics Di Blogspot, Pasti Bisa!

Posting Komentar
Assalamu’alaikum…

google analytics

Sobat Readers pasti sudah banyak yang tahu ya tentang google analytics? Apakah sudah mulai menggunakannya untuk mendukung performa blog kalian? Nah, Aku ingin berbagi sedikit pengalamanku tentang cara memasang google analytics disini, simak ya!

Tentang Google Analytics


Sebelum membicarakan tentang cara memasangnya, ada baiknya kita mengenal lebih dahulu apa itu google analytics ya.

Google Analytics adalah sebuah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics biasa digunakan oleh para pemilik website maupun blog untuk menganalisa kinerja website bedasarkan data-data statistik yang ditampilkan. -Wikipedia-

Menurut Blogspedia, Google Analytics dapat menelusuri pengunjung blog kita berdasarkan informasi halaman sebelum sampai ke halaman blog kita, bisa dari mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, hingga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF pun bisa.
Di dalam pengaturannya Google Analytics tersedia dua model data yaitu Universal Analytics (UA) dan Google Analytics 4 (GA4). Nah, UA inilah yang biasanya diminta klien yang sedang bekerja sama dengan blog. Namun, pada tahun 2023 google akan menghapus UA dan hanya akan ada GA4.



 

Manfaat Google Analytics


manfaat ga


Google analytics memberikan banyak manfaat pada penggunanya. Beberapa diantaranya adalah :

1. Memberi Informasi Karakteristik Pengunjung Blog

Melalui google Analytics blogger dapat melihat karakteristik pengunjung blognya. Karakteristik pengunjung blog yang ditampilkan cukup lengkap mulai dari lokasi pengunjung, durasi kunjungannya, dan usia pengunjung.

2. Optimalisasi Riset Keyword

Dari manfaat pertama, data Google analytics dapat membantu menentukan keyword apa yang sering dicari di blog kita. Sehingga blogger dapat menggunakan data informasi karakteristik pengunjung ini untuk lebih mengoptimalkan riset keyword atau kata kunci.

3. Mengetahui Artikel dan Konten Favorit Pengunjung

Menggunakan google analytics membantu blogger mengetahui artikel dengan konten apa yang menjadi favorit kunjungan pembacanya. Dengan demikian blogger dapat membuat artikel dengan konten serupa sehingga mampu meningkatkan traffic blognya.

Cara Memasang Google Analytics Di Blogspot

Keren banget yah google analytics ini! Setelah mengetahui manfaat Google Analytics tentu kita semakin bersemangatkan ya untuk segera memasangnya. Nah ini dia cara memasang google analytics di blog, langsung ikutin ya!

Pengaturan di Google Analytics

  1. Masukan ke URL https://analytics.google.com/ kemudian klik kolom “Start Measuring”
  2. Login menggunakan akun Gmail
  3. Kemudian Buat Akun dengan mengisi kolom “account name”
  4. Centang semua kotak kecil kemudian Klik “next”
  5. Langkah selanjutnya masuk ke “Property Set Up” dengan mengisi nama Property, Zona Waktu Pelaporan “Indonesia”, Mata Uang “Rupiah Indonesia”
  6. Aktifkan “Create A Universal Analytics Property”
  7. Masukkan URL Website kita
  8. Kita dapat memilih untuk membuat properti Google Analytics 4 sekaligus Universal Analytics atau membuat properti Universal Analytics saja dengan memberi tanda centang pada kotak kecil pilihan kemudian “Next”.
  9. Masuk ke langkah selanjutnya dengan mengisi “Industry Category”, centang point-point tentang cara menggunakan GA dengan bisnis kita, bisa kita pilih semua atau beberapa saja disesuaikan dengan pengukuran situs yang ingin kita pantau.
  10. Klik “Create” kemudian Klik “I agree” pada Perjanjian Persyaratan Layanan.
  11. Setelah itu akan muncul kotak dialog berisikan Stream ID, Measurement ID dan dua pilihan tag kode secara manual atau menggunakan Google Tag Manager. Kalau saya memakai Google Tag Manager.
pengaturan di ga


Pengaturan di Google Tag Manager


Google Tag Manager atau sering disingkat GTM adalah suatu alat untuk mengelola tag dalam blog atau website. Dengan adanya GTM, script tracking GA dapat dikelola langsung untuk meminimalisir penambahan kode langsung ke dalam blog. Mengatur Google Analytics di Google Tag Manager bisa jadi cara yang baik untuk optimalisasi pengelolaan Google Analytics dalam blog.

GTM

 


Buat akun di Google tag Manager


1. Buat Akun Google Tag Manager dengan Masuk ke dalam laman tagmanager.google.com. Pastikan sudah terhubung dengan akun google yang sama dengan blog dan GA.

2. Klik "Create account", lalu akan muncul kotak dialog.

3. Isi "Account Name" dengan nama akun, "Country" dengan nama negara, dan "container name" dengan alamat blog. Setelah itu centang "Web" dan klik "Create".

4. Akan muncul "Google Tag Manager Term of Service Agreement", klik "Yes".

5. Kotak dialog baru akan muncul dengan dua kode html yang harus dipasang di template blog.

Install Kode HTML di Template Blog


1. Salin kode pertama. Jangan lupa kodenya di parse dahulu ya, kemudian Masuk ke dashboard blog, pilih "template", lalu klik tombol pilihan di bawah "Customize" dan pilih "edit html".

2. Klik "ctrl+f" di template html, dan ketikkan </head>. Tempelkan kode pertama tepat di atas </head>. Klik "save".

3. Salin kode kedua (parse dahulu). Klik "ctrl+f" di template html, dan ketikkan <body>. Tempelkan kode pertama tepat di bawah <body>. Klik "save".

4. Kemudian Kembali ke Google Tag Manager dan klik "OK".

Buat Tag Baru di Google Tag Manager


1. Klik "Tags", lalu klik "New". Ubah nama tags di pojok kiri menjadi "GA4 Tag" atau sesuai selera.

2. Klik simbol pensil di pojok kanan atas. Pilih "Google Analytics: GA4 configuration"

3. Klik "triggering". Pilih "All pages" dan terakhir klik "Save".

Cek Apakah Blog dan GTM Sudah Terhubung


1. Klik tombol "preview", lalu akan muncul jendela baru. Ketikkan alamat blog dan klik "connect".

2. Jika sudah terhubung, maka akan langsung muncul jendela baru yang langsung menuju blog disertai notifikasi dari "Tag Assistant". Klik "Finish".

tanda blog dan GTM terhubung

 

3. Terakhir, klik tombol "submit" di sebelah kanan tombol "preview".

Selamat ya Google Analytics sudah terpasang di web atau blog Sobat Readers! Tinggal menunggu beberapa saat sampai benar-benar terkoneksi. Untuk memantau koneksinya bisa cek di dashboard GA, pilih real time monitor, kemudia coba buka homepage blog Sobat Readers, jika angka visitor berubah berarti koneksi bisa dikatakan sukses.

Google Analytics

 

Nah, sudah selesai ya kita memasang google analytics-nya. Bagaimana menurut Sobat Readers cara memasang google analytics di blogspot ini, mudah atau merasa rumit? Terus Semangat ya!

Sumber :

https://www.blogspedia.my.id/google-analytics-4/

https://www.blogspedia.my.id/google-analytics/

https://www.anggitaramani.com/2022/05/cara-memasang-google-analytics.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Google_Analytics


Related Posts

Posting Komentar