myidaayu.com

Asiknya Bermain Di Taman Pantai Dan Serunya Naik Gondola Ancol

26 komentar

Beberapa hari lalu saya dan keluarga pergi piknik ke Taman Impian Jaya Ancol atau yang biasa disebut Ancol. Sejak awal berdirinya pada tahun 1966, Ancol sudah ditujukan sebagai sebuah kawasan wisata terpadu oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dengan menunjuk sebuah perusahaan swasta sebagai pengelolanya, yaitu PT Pembangunan Jaya. Di Ancol terdapat banyak sekali objek wisata ya temans, di antaranya Pantai dan Taman, Dunia Fantasi, Atlantis Water Adventure, Gelanggang Samudra, Sea World, dll. Beberapa objek sudah pernah kami kunjungi dan hari itu Alula, putri sulungku, hanya ingin bermain di taman yang ada di sepanjang pantai Ancol. 


Di Ancol sendiri terdapat deret pantai yang akan memanjakan mata sehingga membuat momen liburan menjadi menyenangkan. Mulai dari Pantai Lagoon, Pantai Festival, Pantai Indah, Pantai Marina, Pantai Carnival, Pantai Bende, Pantai Ria hingga Danau Impian. 

1. Pantai Lagoon Ancol

Pantai Lagoon Ancol merupkan salah satu tempat wisata outdoor di Jakarta yang menarik untuk dikunjungi. Nuansa pantai yang indah di tempat ini sangat cocok untuk dijadikan spot foto dan diunggah di media sosial. Di lokasi wisata ini pengunjung dapat menikmati keindahan pantai bersama keluarga. Selain bersantai di tepi pantai dan bermain air, pengunjung juga bisa menyaksikan atraksi ski air yang seru.

2. Pantai Festival Ancol

Di pantai ini pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dengan latar belakang yang unik berupa gedung-gedung tinggi pencakar langit sehingga menyajikan pemandangan yang cukup kontras. Pemandangan tersebut menghadirkan siluet yang indah ketika senja menghampiri. Tidak heran jika banyak pengunjung yang tertarik untuk mengabadikan momen sunset di tempat ini.

3. Pantai Carnaval Ancol

Pantai ini sering dijadikan pusat hiburan dan event-event besar bahkan hingga skala internasional. Termasuk acara akhir tahun yang banyak diagendakan berlangsung di pantai ini. Di kawasan pantai ini selain menikmati keindahan pantai, pengunjung juga bisa menyewa perahu dan menikmati suasana laut yang indah. Untuk pengalaman yang lebih seru, pengunjung dapat mencoba wahana gondola. Di pantai ini pengunjung dapat menikmati pantai yang indah, berolahraga, berburu kuliner dan nongkrong di beberapa restoran dan kafe di sekitar pantai. Seperti Jimbaran Resto dan Segarra Resto.

4. Pantai Bende

Kawasan pantai ini menyajikan pemandangan pantai yang indah dan romantis, terutama ketika matahari mulai tenggelam di sore hari. Banyak pengunjung yang datang untuk melepas penat dan menikmati momen sunset yang syahdu. Di lokasi ini terdapat dermaga cinta yang menjadi ikon Pantai Bende. Selain banyak digunakan untuk sesi foto prewedding, lokasi ini juga sering digunakan untuk penyelenggaraan pesta pernikahan. 

5. Pantai Ria Ancol

Di kawasan pantai ini terdapat fasilitas dan wahana yang disediakan khusus untuk anak-anak sehingga sangat cocok untuk liburan keluarga bersama si kecil. Mulai dari perosotan, miniatur kapal, hingga stasiun kereta api mini untuk berkeliling pantai. Namun, di pantai ini pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang karena karakteristik pantainya yang curam. Di kawasan pantai ini dilengkapi tanggul dan jogging track untuk berolahraga. selain itu terdapat fasilitas wisata kuliner yang akan memanjakan pengunjung dengan aneka menu yang menggugah selera.

6. Pantai Indah Ancol

Pantai Indah memiliki pemandangan laut lepas yang sangat memanjakan mata. Lokasi ini sangat cocok untuk memancing. Selain dibangun tanggul, tersedia pula fasilitas jogging track untuk berolahraga. Bagi yang ingin berlama-lama di pantai bisa mengunjungi tempat makan atau kafe yang ada di kawasan ini. Sambil menikmati hidangan, pengunjung bisa sekaligus menikmati suasan pantai yang indah dan eksotis.

7. Pantai Marina Ancol

Pantai Marina ancol merupakan pelabuhan kecil untuk penyeberangan ke tempat wisata Kepulauan Seribu. Tempat ini juga sering dijadikan lokasi untuk sesi pemotretan foto prewedding. keberadaan dermaga di pantai ini menjadi daya tarik tersendiri. Panorama yang disajikan pantai ini tak kalah eksotis. Selain itu, di kawasan pantai Marina pengunjung bisa melakukan aktivitas seru seperti bermain kano, jet sky, hingga selancar angin.

Puas bermain di taman dan menikmati suasana pantai kami pun mengajak anak-anak untuk pulang, tetapi Alula merengek meminta naik Gondola dulu sebelum pulang. Kami setuju dan langsung menuju stasiun gondola. Sedikit informasi nih temans, Gondola (  sky lift  ) merupakan kereta gantung yang menghubungkan tempat wisata satu dengan yang lainnya di kawasan Ancol yang terbentang sepanjang kurang lebih 2,4 km. Gondola Ancol memiliki 37 unit gondola dengan kapasitas enam orang per gondola dan tiga stasiun pemberhentian. Setelah membeli tiket kami diarahkan untuk naik tangga dulu menuju lantai tiga gedung stasiun gondola ini. Nah dari lantai tiga itulah nantinya kami akan naik gondola. Berjalan menuju lantai tiga lumayan melelahkan ya temans tapi hal itu tidak terasa karena di stasiun ini sembari berjalan pengunjung juga bisa berfoto di banyak spot foto 3D yang keren. 

Tidak terasa kami sudah di lantai tiga dan siap naik gondola. Bagi Alula ini bukan kali pertama naik gondola, tapi tidak begitu dengan Badeea, putri bungsuku. Badeea langsung menangis begitu gondola berjalan meninggalkan stasiun. Aku mulai sibuk menenangkannya dengan menunjukkan pemandangan indah yang dapat kami lihat dari atas. Seru sekali menikmati pemandangan Ancol dari ketinggian 21 meter di atas permukaan laut. 

Saat gondola mulai berjalan keluar dari stasiun pertama kita langsung dapat melihat Tugu Tiga Pilar Ancol berdiri gagah menghadap ke laut lepas. Kemudian di seberangnya terlihat pemandangan seperti pulau kecil yang terdiri dari jajaran pondok yang atapnya seperti rumah tradisional suku sasak, Lombok, Nusa Tenggar Barat, ya, itulah Putri Duyung Resort. Disambung dengan pemandangan pantai berpasir putih yang indah. Terdapat beberapa jetski terparkir di pinggir pantai itu . Gondola terus melaju dengan kecepatan stabil dan kita dapat melihat lautan lepas dari ketinggian, ah indah sekali. Perjalanan dengan gondola memakan waktu 20 menit, jadi karena kami memutuskan untuk naik gondola dari stasiun pemberhentian pertama dan turun lagi di stasiun yang sama perkiraan waktu perjalanannya sekitar 40 menit ya temans. Oh iya, harga tiket naik gondola ini adalah enam puluh ribu rupiah untuk satu orang penumpang ya temans. 


Hari mulai sore saat kami turun dari gondola. Asik sekali kami menikmati piknik hari itu. Adakah temans yang juga punya pengalaman piknik asik di Taman Impian Jaya Ancol? Ceritakan keseruannya di kolom komentar ya...


Related Posts

26 komentar

  1. Jadi pingin piknik....semoga pandemi segera berakhir

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin...iya mb,ak jg masih banyak ni yg pgn ak datengi...krn pandemi piknik ny terbatas aja d tempat outdoor yg luas,biar ga berkerumun

      Hapus
  2. Bagus banget pantainya.. jadi pengen ke sana bareng keluarga, semoga segera berakhir pandeminya.. 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb...udh lengkap pula,selain pantai ada beragam objek wisata lainnya

      Hapus
  3. Aku suka banget pantai, krn lahir di sekitar pantai juga. Kalau di Jawa Timur, tempat kelahiranku, bagian pantai utara itu rata-rata masih banyak yg bersih pantainya. Asik banget untuk bersantai. Kalau ke ancol aku belum pernah. Walau beberapa kali ke Jakarta tapi mostly buat urusan kerjaan aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah pst lebih asik lagi itu mbak...menyenangkan bisa main dipantai yang msh bersih yaa...hmmm pst bs rileks bgt

      Hapus
  4. Apalaha dayaku yg belum pernah ke ancol, bagus ada yg review

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee...diagendakan mb untuk piknik selanjutnya

      Hapus
  5. waa oantai, jadi ingin kesana, sudah lama gak main ke pantai sejak pandemi. Kapan ya terakhir ke ancol, sudah lama banget, semoga pandemi segera berlalu, ingin ajak anak-anak ke Ancol juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuuss mbak...catatan yaa,skg pembelian tiket masuk ancol harus online mb (dan tertera hrs dibeli H-1) terutama pas weekend

      Hapus
  6. Kebayang serubya. Sudah lana saya tidak ke Ancol lagi, ternyata tambah banyak ya lokasi pantainya. Terina kasih sharingnya, Mbak. Kebayang serunya naik gondola, anak-anak pasti happy ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambah nyaman mb buat anak2 maen di pantai...seruu mb naik gondola,walaupun saya jg sbnrny agak takut...hehe...lintasannyaa tinggi bgt mana panjang lagii...

      Hapus
  7. wah terimakasih mbak, bagaikan kita d ajak travelling scra online hehheeheee

    BalasHapus
  8. Jadi kangen ke Ancol deh, terakhir kesana sebelum pandemi mampirnya ke dufan
    Semoga nanti bisa ke Ancol lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...dufan jg udh mulai dibuka lagi mbak dan tetep, rameee...hehe

      Hapus
  9. Sebagai anak pantai jiwaku terpanggil mbak...wkwkwk...semoga bisa mencoba gondola ancol ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwkwk...berasa suara ombak memanggil-manggil ya mb

      Hapus
  10. Jadi kangen mantai. Beberapa tahun yang lalu pernah ke Jakarta tapi belum sempat ke Ancol.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ke Jakarta lg sempetin mampir Ancol mb,dijamin ga akan bosan&ga cukup sehari...hehe

      Hapus
  11. Harga naik gondolanya lumayan juga ya..tapi kalo sepadan sepertinya patut dicoba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe...monggo dicoba mbak naik gondola Ancol

      Hapus
  12. Baru tahu di Ancol banyak pantainya, mbak. Pertama dan terakhir tahun 2008, zaman SMP, hehe. Seru juga ya ada gondolanya. Nikmati pantai dengan cara berbeda. Pengen nyobain, deh.

    BalasHapus
  13. Aku belum pernah ke Ancol hey. Baru tahu ternyata pantai Ancol ga cuma satu dan ada ragam wisatanya juga

    BalasHapus

Posting Komentar