myidaayu.com

MARI MULAI MENULIS

Posting Komentar

Assalamu'alaikum....

Jumat, 28 Januari 2022 lalu aku mengikuti webinar pertamaku tentang blogging berjudul "2022 Blogging Goals for Newbie" dengan pembicara mbak Widyanti Yuliandari. Beliau adalah Ketua IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis). Dari webinar yang berlangsung selama kurang lebih 2,5 jam ini aku mendapatkan banyak ilmu baru. Di CatatanIdaAyu ini aku ingin menuliskan beberapa hal yang aku pelajari dari webinar "2022 Blogging Goals for Newbie". 

Blogging merupakan aktivitas menulis dan mengelola blog dengan memanfaatkan alat digital yang ada di internet supaya para blogger bisa membagikan tulisannya dengan mudah. Para blogger memanfaatkan blognya dengan berbagai macam kepentingan. Ada yang blogging hanya untuk sekedar senang-senang, sekadar mengekspresikan diri, untuk mencari tambahan penghasilan atau menjadikan blogging sebagai aktifitas yang mendukung profesinya, dll. Bagi aku yang baru mulai belajar tentang blog, aku ingin menjadikan blogging ini sebagai saranan untukku berbagi berbagai ilmu, informasi dan cerita tentang berbagai hal yang menjadi pengalamanku. 

Disampaikan oleh mbak Widyanti Yuliandari bahwa penting sekali untuk para blogger memiliki target dan mengetahui apa yang ingin dicapai dari aktivitas ngeblognya supaya bisa terus konsisten dan bisa menapak step up sehingga menjadi blogger yang bisa berpenghasilan dan blogger yang bisa meraih banyak peluang lainnya. Karena dengan memiliki Goals upaya yang dilakukan akan lebih fokus, terarah dan bisa memilah mana hal-hal yang perlu atau tidak perlu dilakukan sehingga bisa menghemat energi.


Jadi bagaimana caranya kita mensetting goals kita? 

1. Signifikan

 Sasaran kita harus signifikan dengan impian sehingga memberi efek nyata. Kalau bagi aku tentu aku ingin bisa menulis dengan baik sehingga aku perlu meningkatkan kualitas tulisanku dengan banyak latihan menulis dan mengikuti kelas menulis. 

2. Sesuai dengan Kondisi saat ini

Kita harus sadar dengan kondisi diri kita sendiri. Seperti aku yang berharap dapat menulis dengan baik tentu aku pun harus sadar diri apakah aku sudah bisa konsisten menulis atau belum?apakah sudah konsisten latihan nulis atau belum?

3. Rasional

Kita harus menyesuaikan waktu yang dimiliki serta latar belakang kita untuk dapat berkembang. Aku yang tidak memiliki basic menulis tentu akan butuh lebih banyak waktu untuk berkembang blognya, karena aku membutuhkan banyak waktu untuk belajar menulis dahulu.

Aku yang masih newbie di dunia blogging belum berani memiliki mimpi besar. Aku masih merasa perlu banyak belajar tentang menulis dan blogging. Namun seperti kata mbak Widyanti Yuliandari penting untuk kita memiliki target waktu untuk impian besar ingin jadi blogger yang seperti apa serta apa yang ingin dicapai supaya lebih jelas action kita. 

Dalam webinar ini mbak Widyanti Yuliandari juga menyampaikan beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan bagi blogger pemula, diantaranya:

A. Konsistensi dan Kualitas tulisan

Konsistensi dan kualitas tulisan adalah modal awal dan mendasar untuk menjadi blogger sehingga sangat perlu diperjuangkan. Konsistensi menulis harus terus dilatih dan dibiasakan. Setelah bisa konsisten menulis kemudian mulai tingkatkan kualitas tulisan dengan cara banyak membaca buku, mencari teman diskusi, mencari mentor menulis dan mencari komunitas yang membuat kita terlatih menulis. 

B. Belajar Desain Sederhana

Desain dapat memantik semangat untuk ngeblog. Ketika blogger mulai dapat mendandani blognya dengan desain-desain yang apik membuat blogger semakin menyenangi blogging. Membuat blogger betah berlama-lama menulis dan mengisi blognya.

C. Mentor, Komunitas dan Jejaring

Ini penting! Dengan memiliki mentor, komunitas dan jejaring membantu menunjukkan cara yang lebih mudah, terarah, saling mendukung dan memberi peluang untuk blogger pemula berkembang. 

Nah itu adalah sedikit catatanku sewaktu mengikuti webinar ini. Dan dari webinar ini aku mulai memikirkan apa yang menjadi goals ku dan apa upaya yang dapat aku lakukan untuk mencapainya. 

Untuk goals ku yang masih sangat sederhana yaitu dapat menulis dengan baik, aku akan memulainya dengan memposting tulisan pertamaku ini dan dilanjutkan dengan berlatih menulis secara konsisten. Kebetulan sekali saat aku membeli buku "Ngeblog dari Nol" ada bonus Blog Plannernya, harus segera aku isi nih supaya langkahku lebih terarah! 

Terima kasih kepada mbak Widyanti Yuliandari atas ilmu yang bermanfaat ini. Dan semoga cacatanku ini memberi manfaat juga untuk teman-teman pembaca. 

Lebih baru Terlama

Related Posts

Posting Komentar