myidaayu.com

Melati, Hobi "Penasaran" Mengantarnya Menjadi Blogger Muda

7 komentar
Tampilan Homepage Blog Mela Bercerita



Nama lengkapnya adalah Melati Alya Putri, memiliki hobi “penasaran” yang mengantarkannya menjadi Blogger muda yang penuh ide cemerlang dan kreatif. Melati Alya Putri adalah pemilik blog Mela Bercerita. Di dalam blognya, dia ingin memberikan informasi seputar buku-buku.

Sosok yang mengaku dirinya introvert ini lebih menyukai membaca buku daripada menonton film. Salah satu buku yang menjadi favoritnya adalah buku berjudul 'Hujan' karya Tere Liye. Blog yang sedang dibangun Mela saat ini akan dia isi dengan tulisan review buku yang telah dibacanya serta rekomendasi buku bacaan yang menarik, wah, para pecinta buku wajib sering berkunjung ya ke blognya!

Sebelum temans semua berkunjung ke blog-nya, yuk kenal lebih dekat dengan sosok Melati Alya Putri.

SEKILAS TENTANG MELATI ALYA PUTRI DAN HOBI "PENASARAN"


Melati Alya Putri lahir di Brebes pada tanggal 3 Juni 2001. Sapaan akrabnya adalah Mela, nama inilah yang juga digunakannya untuk menamai blognya agar mudah dikenal para pembacanya.

Mela menempuh Pendidikan dasar sampai sekolah menengah di atas Tangerang. Kemudian memilih tinggal di asrama di Bogor untuk melanjutkan kuliah. Saat ini Mela masih tercatat sebagai mahasiswi di salah satu universitas swasta di Bogor. Dia mengambil jurusan Kependidikan Islam. Mela bercita-cita untuk mewujudkan keinginan ayahandanya yaitu memiliki pondok tahfidz. Sebagai anak dari empat bersaudara, Mela sadar akan tugas dan tanggung jawab untuk membuat kedua orang tuanya bangga.

Diantara kesibukannya menjalani kuliah, gadis 21 tahun ini, masih menyempatkan diri menjalankan bisnisnya sendiri. Ya, Mela membuka bisnis jasa hapus akun. bisnis ini karena mudah, bisa disambi kuliah dan hanya bermodal handphone , pintar sekali memilih ya memanfaatkan tehnologi!

Oh iya, berbicara mengenai hobi “penasaran”, Mela menuturkan bahwa dirinya suka mencoba hal-hal baru. Mela pernah mencoba belajar programming . Dia mempelajarinya secara otodidak sampai selesai satu bab HTML . Mela juga pernah belajar bahasa Prancis secara otodidak. Gadis yang faktanya suka makan dan rebahanini nyatanya juga senang membuat berbagai kerajinan tangan seperti merajut, melukis, membuat tas kanvas serta macam-macam lainnya. Banyak teman-teman keahlian yang dimiliki gadis penyuka pelajaran Bahasa Inggris ini, semua karena dorongan rasa penasarannya. Jadi terbukti ya kalau ternyata kepo yang dikelola dengan baik justru bisa menjadi penyemangat untuk belajar hal baru.

Saat ini selain kuliah, Mela juga sedang mengikuti pelatihan Blogging di Blogspedia Coaching . Hmmm, terbayang ga sih teman-teman bagaimana sibuknya Mela menjalani kuliah, bisnis dan belajar ngeblog?

Ini nih beberapa tips dari Mela untuk mengelola waktu, teman-teman semua juga boleh coba loh!

1. Buat To Do List

Membuat daftar atau jadwal harian ini sangat penting untuk dilakukan. Dengan mencatat apa saja yang harus kita kerjakan hari itu membuat kita lebih mudah mengingat dan tahu seberapa banyak tugas yang harus kita selesaikan. Ini akan memberi dorongan pada kita untuk segera merampungkan semua daftar pekerjaan dan adanya pekerjaan yang terlewati atau tidak dikerjakan. Mela sendiri terbiasa mencatat jadwal hariannya pada buku catatan khusus atau menempel catatan jadwal di meja belajarnya.

2. Mulai saja Dulu!

Ini bener banget ya temans. Segala sesuatu harus segera kita mulai bekerja, jangan terlalu banyak berpikir. Jika terlalu banyak berpikir ada kemungkinan kita jadi membayangkan beragam kesulitan dari tugas kita, akhirnya malah membuat kita ogah mengerjakan. Tips dari Mela jika kita merasa berat untuk memulai mengerjakan sesuatu, yakinkan diri memulai mengerjakan 5 menit saja. Ini akan membuat kita tanpa sadar bisa melanjutkan mengerjakan sampai selesai.

3. Jauhkan Gadget

Gadget , siapa sih yang ga suka berlama-lama memainkannya? Pasti bukan hanya aku nih yang kalau udh keasikan dengan gadget -nya lupa waktu, sampai lupa kerjaan yang numpuk. Tips dari Mela kali ini terkait gadget adalah kita harus memulai gadget dari pandangan mata selagi bekerja. 

TENTANG BLOG MELA BERCERITA


Blog baru dengan judul Book Hunter Mania ini memiliki jargon Surganya Para Pembaca, Mari Bercerita Bersama. Sudah langsung terbayang ya temans akan jadi semenyenangkan apa jika kita berkunjung di blog Mela Bercerita ini, terutama untuk para pecinta buku. Rencananya, review bermacam-macam buku akan disajikan oleh sang pemilik blog. Begitu juga berbagai informasi seputar buku dan rekomendasi buku yang menarik, semua akan dituliskan dalam blognya ini.

Penasaran ga sih temans dengan alasan Mela membuat blognya ini? Langsung saja nih aku kasih tahu yaa big why nge - blog dari seorang Mela, apakah sama dengan big why nge -blog -nya aku dan kamu temans?

1. Senang Berbagi Manfaat, Bercerita dan Menulis

Di blog-nya Mela merasa bebas berbagi, mengekspresikan diri dan bercerita. Berbagi itu Peduli” , begitu kata Mela. Melalui blog-nya, perempuan yang mengaku mengenal blog sejak tahun 2020 ini, merasa bebas dari sosok yang diinginkannya. Begitu banyak ilmu, teman baru, cerita dan pengalaman baru yang didapatkannya dari ngeblog. Mela tidak pernah merasa membuang-buang waktu walaupun belum mendapatkan penghasilan dari aktivitas blogging. 
"Baginya blogging bukan hanya tentang uang, melainkan kebermanfaatan" 
Sejak kecil Mela sudah suka membaca dan melalui blog ini Mela pun ingin menumbuhkan kecintaannya pada menulis. Menulis di blog menjadi sarana ' detoks pikiran' baginya, ini menjadi sebuah hobi baru yang menyenangkan. Gadis penyayang keluarga ini menuturkan bahwa motivasi nge-blog terbesarnya adalah 
"menjadi abadi lewat tulisan"

 

2. Memotivasi Diri Agar Lebih Rajin Membaca Buku

Ini adalah alasan serta tujuan Mela membuat blog. Dia ingin memotivasi dirinya untuk lebih rajin membaca. Dia ingin menumbuhkan kecintaannya pada buku. Mela ingin menjadikan membaca sebagai kebiasaan . Dengan adanya blog yang bisa digunakannya sebagai pemikirannya akan membaca buku tentu akan sangat menyenangkan. Ini akan memudahkannya menemukan semangat untuk rajin membaca buku.

Selain menulis di blog Mela juga pernah menulis buku antologi, dua diantara berjudul “Langit Mimpi” dan “Ibu Itu… jilid 3” yang terbit pada tahun 2020. Awal mula gadis yang sangat ingin berkunjung ke Mekah dan Madinah ini mulai aktif menulis adalah saat dia mengikuti Kelas Menulis Online (KMO). Yang kemudian berlanjut berkontribusi menjadi Penanggung Jawab pada KMO batch 26, 27, 28, 29, dan 30. Mela juga pernah bergabung dalam Komunitas Berani Baca, Ikatan Kata, 1 Minggu 1 Cerita dan kroni Blogger .

Demikian ya temans sekilas tentang Melati Alya Putri si hobi "penasaran". Semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi kita semua ya. Dan menutup tulisan ini aku kutipkan sebuah nasihat berharga dari Mela
“Teruslah menjadi baik, walaupun dunia tidak memperlakukanmu dengan baik”





Related Posts

7 komentar

  1. Wah keren sekali Kak Mela ini, masih mudah prduktif banget. Ngomong-ngomong aku juga suja banget sama novel Hujannya Tere Liye, salamin sama Kak Mela ya Kak ๐Ÿ˜€

    BalasHapus
  2. wah aku Tere Liye garis keras juga nih, siap menantikan reviewnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kak, aku juga tere liye garis keras :)

      Hapus
    2. ceki2 trs blog ny mela bercerita ya mb

      Hapus
  3. Wah aku juga suka nulis review buku. Tere Liye salah satu penulis favoriteku juga ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  4. wah para pecinta tere liye inii๐Ÿคฉ

    BalasHapus

Posting Komentar